Salin Artikel

Siswa dan Guru di Situbondo Bahu-membahu Bersihkan Sekolah yang Terendam Banjir

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Banyuglugur merupakan salah satu bangunan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang terendam banjir pada Rabu (1/3/2023). 20 ruangan di sekolah itu kemasukan air.

Meski begitu, guru dan siswa tetap masuk sekolah. Mereka bahu-membahu membersihkan ruangan dan lapangan supaya bersih dan segera bisa digunakan kembali.

"Kemarin tetap masuk, namun tidak ada pelajaran. Kami membersihkan secara bersama-sama lumpur dan air yang terjabak di ruang kelas," kata Kepala SMPN 1 Banyuglugur, Sugeng Priyanto, Kamis (2/3/2023).

Sugeng mengatakan, lokasi bangunan sekolah itu lebih rendah dibanding jalan raya. Sehingga, air menggenang lebih lama. Jika tidak segera dibersihkan, maka material banjir seperti lumpur akan mengendap sekolah itu.

Pada saat banjir, ketinggian air di halaman sekolah mencapai 50 sentimeter. Sedangkan, di dalam ruangan sekitar 30 sentimeter.

Banyak buku di ruang perpustakaan yang terdampak dan tak sempat diselamatkan.

"Tadi anak-anak kerja bakti sampai jam 10," katanya.

Menurut Sugeng, banjir itu merupakan yang ketiga kalinya sejak memasuki tahun 2023. Banjir kali ini merupakan yang terbesar dan memiliki dampak yang cukup luas.

"Ada 20 ruangan yang terdampak dan kami bersihkan satu persatu, sekarang tersisa lapangan futsal dan basket yang belum," tuturnya.

Sugeng berharap ada perbaikan irigasi dan selokan, sehingga sekolah itu terbebas dari ancaman banjir.

"Depan sekolah banyak warung-warung dan di selokannya itu banyak sampah dan lumpur yang perlu dikeruk," ucapnya.

Seperti diketahui, banjir terjadi di empat kecamatan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (1/3/2023). 644 bangunan rumah dan fasilitas umum terendam akibat banjir itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/02/112011578/siswa-dan-guru-di-situbondo-bahu-membahu-bersihkan-sekolah-yang-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke