Salin Artikel

Sejumlah Titik Jalan di Lumajang Rusak Parah, Bupati Thoriq: Akhir Bulan Diperbaiki

Akibatnya, tidak sedikit pengendara roda dua yang terjatuh dan terluka.

Beberapa ruas jalan yang rusak parah di antaranya Jalur Lingkar Timur (JLT), Jalan Raya Yosowilangun, Jalan ke Gunung Ringgit, Jalan ke IAI Syarifudin, dan Jalan ke Pasrujambe.

Beberapa warga yang aktif di media sosial Facebook hampir setiap hari mengunggah keluhan tentang jalan rusak maupun korban kecelakaan akibat jalan berlubang.

Terbaru, akun bernama Sihati Salju mengunggah foto korban kecelakaan. Pada unggahan itu disebut foto itu memperlihatkan korban kecelakaan akibat jalan rusak.

"Korban kedua pagi ini (Selasa) akibat jalan berlobang depan Pom Nogosari, Rowokangkung, Lumajang," tulis Sihati Salju.

Pantauan Kompas.com, di grup Facebook Lapor Lumajang, akun aduan resmi yang dibuat Pemkab Lumajang melalui Dinas Kominfo, dalam periode Januari-Februari 2023, terdapat 19 kali laporan jalan rusak.

Sayangnya, saat dikonfirmasi perihal jumlah laporan warga yang terekam di grup tersebut dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Dinas Kominfo Lumajang tidak berkenan memberikan keterangan apa pun.

Saking parahnya kerusakan jalan di Kabupaten Lumajang, terlihat beberapa titik ruas jalan ditanami pohon pisang oleh warga.

Menurut Bandi, sudah banyak yang terjatuh akibat lubang besar dan dalam tersebut.

"Kalau gak ditanami ini kalau ada yang lewat jatuh bagaimana, apalagi kalau hujan kan gak kelihatan. Ya banyak yang jatuh," kata Bandi di Lumajang, Rabu (1/3/2023).


Segera diperbaiki

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, perbaikan jalan akan mulai dilakukan Pemkab Lumajang akhir Maret 2023.

"Insya Allah segera kami perbaiki akhir bulan Maret ini, beberapa akan ditambal, kalau yang parah di hotmix," kata Thoriq di Lumajang.

Thoriq menyebut, ada dua kategori pemeliharaan jalan yang masuk dalam prioritas pembangunan tahun ini.

Di antaranya, peningkatan jalan di 25 titik ruas jalan dan pemeliharaan rutin jalan yang akan menyasar 15 titik jalan di Lumajang.

"Musim hujan ini siklus rutin untuk jalan rusak ya, saya sudah lihat beberapa ruas ditanami pisang oleh warga, tentu warga ingin cepat, tapi saat ini kami masih dalam perencanaan," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/01/203550778/sejumlah-titik-jalan-di-lumajang-rusak-parah-bupati-thoriq-akhir-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke