Salin Artikel

Santri Asal Jember Hilang Terbawa Arus Sungai Bondoyudo Lumajang

LUMAJANG, KOMPAS.com - Seorang santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum, Desa Banyuputih Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hilang terbawa arus Sungai Bondoyudo, Rabu (1/3/2023).

Santri bernama Muhammad Fatoni (16), asal Dusun Sariono, Desa Sarimulio, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, itu hanyut saat mencuci karpet bersama empat orang temannya.

Mujiono, salah seorang saksi mengatakan, kelima orang santri itu pergi ke sungai sekira pukul 12.00 sambil membawa karpet.

Satu jam kemudian, teman korban melaporkan kepada warga sekitar bahwa temannya terbawa arus sungai.

"Anak pondok, lima orang nyuci karpet, setelah nyuci karpet itu mereka mandi, arusnya kan pas besar begini dia terbawa arus," kata Mujiono di Lumajang.

Menurut Mujiono, korban sempat meminta pertolongan kepada teman dan warga lainnya saat terseret arus dengan cara mengangkat sebelah tangannya ke atas.

Salah seorang teman korban sempat memberi pertolongan dengan cara menariknya ke pinggir sungai sambil berpegangan pada pohon bambu yang miring ke sungai.

Nahas, derasnya arus sungai membuat pegangan korban terlepas dan kembali terseret arus sungai.

"Tadi sempat ditolong sama temannya, tapi enggak kuat sampai kram dia," terang Mujiono.

Di sekitar lokasi kejadian, tampak ratusan warga berbondong-bondong menyaksikan proses pencarian korban yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang.

Kasi Kedaruratan BPBD Lumajang Yudhi Cahyono mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk menemukan korban.

Menurutnya, derasnya arus Sungai Bondoyudo ditambah cuaca buruk dan banyaknya pohon bambu yang melintang di aliran sungai menjadi salah satu faktor yang menyulitkan proses pencarian.

"Kita masih cari ya, kendalanya banyak bambu ini sama arusnya deras," pungkasnya.

Sampai berita ini ditulis, petugas masih menyusuri aliran Sungai Bondoyudo menggunakan perahu karet untuk mencari keberadaan korban.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/01/182628178/santri-asal-jember-hilang-terbawa-arus-sungai-bondoyudo-lumajang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke