Salin Artikel

Mahfud MD Jamin Tak Ada Penundaan Pemilu 2024: Saya yang Bertanggung Jawab

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan tidak akan ada penundaan pelaksanaan Pemilu 2024. Sebagai pihak yang bertanggung jawab, Mahfud menjamin Pemilu 2024 terlaksana sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Pemilu 2024 sudah terjadwal sesuai kalender konstitusi. Tidak ada perpanjangan dan tidak ada penundaan," katanya saat menggelar acara Cangkrukan bersama berbagai unsur masyarakat di Surabaya, Selasa (28/2/2023).

Menurut dia, pemerintah sudah menyusun tahapan Pemilu sedemikian rupa untuk dijalankan.

"Saya yang bertanggung jawab untuk memastikan Pemilu 2024 terlaksana sesuai jadwal yang ditentukan," jelasnya.

Tidak hanya terlaksana sesuai jadwal, Mahfud juga memastikan bahwa Pemilu 2024 terlaksana dengan tertib.

Mahfud MD mengaku pernah terlibat dalam setiap instrumen Pemilu, sejak menjadi panita penyelenggara sampai menjadi hakim sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Melalui pengalamannya itu, dia menyimpulkan bahwa pada setiap penyelenggaraan Pemilu selalu ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Karena itu, sebagai pihak yang bertanggung jawab, pihaknya harus bisa memastikan Pemilu 2024 bisa berjalan tertib sesuai jadwal.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/28/203630378/mahfud-md-jamin-tak-ada-penundaan-pemilu-2024-saya-yang-bertanggung-jawab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke