Salin Artikel

Cerita Penumpang Saat Bus Pemprov Jatim Terperosok di Pemakaman Kediri Usai Ikuti Google Maps

Pria yang juga merupakan Bendahara Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Plosoklaten itu menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi di Dusun Talun, Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (26/2/2023) dini hari.

Butuh waktu berjam-jam dengan berbagai upaya untuk mengevakuasi bus tersebut keluar dari kawasan pemakaman.

Kesaksian penumpang

Sutrisno mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu.

Bus bernomor polisi L 7004 SP tersebut mulanya ditumpangi oleh 35 orang. Penumpang ialah rombongan pengurus dan anggota Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Rombongan itu baru saja pulang studi banding pertanian di kawasan Sleman, Yogyakarta.

"Kejadiannya sekitar jam 02.30 WIB. Alhamdulillah semua selamat. Tidak ada yang luka-luka," ujar Sutrisno saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Sutrisno menjelaskan, lokasi tempat bus terperosok, berjarak sekitar dua kilometer dari jalan raya utama dan merupakan jalur sempit selebar sekitar tiga meter.

Dia menambahkan, roda depan dan belakang kiri bus terperosok saat hendak putar balik usai sopir menyadari jalur terlalu sempit. Saat terperosok, bus dalam keadaan tanpa penumpang.

"Pas sadar di kuburan, penumpang pada turun karena bus mau putar balik. Pas putar balik itu roda depan terperosok," ujar Sutrisno yang saat kejadian duduk tepat di belakang sopir itu.

Laki-laki pegiat pertanian itu menambahkan, saat kejadian, sopir bus yang bernama Agus memang menggunakan aplikasi Google Maps untuk memandunya menemukan jalur.

"Kebetulan (sopir) orang Surabaya. Jadi mungkin enggak hafal jalan. Tapi yang penting tidak sampai ada korban," lanjutnya.

Agus, sopir bus tersebut menggunakan Google Maps karena kurang menguasai medan. Dia menggunakannya sejak memasuki wilayah Kediri.

Proses evakuasi

Lantaran terperosok, penumpang lalu memutuskan pulang  dengan kendaraan lainnya.

Sedangkan bus tersebut masih terjebak di lokasi kejdaian.

Bus tidak bisa segera dievakuasi karena terperosok cukup dalam dan petugas terkendala kondisi medan. Evakuasi baru dilakukan pada pagi harinya.

Sutrisno mengatakan, proses evakuasi juga berjalan sulit. Selain bantuan petugas dan warga sekitar, evakuasi juga dibantu dengan mobil derek.

Bahkan ada bagian belakang bus yang terpaksa sedikit dipotong untuk memudahkan proses evakuasi.

"Sekitaran jam 11.00 WIB, akhirnya bus bisa dievakuasi," ungkapnya.

Kepala Polsek Pare Ajun Komisaris Polisi Bowo Wicaksono mengatakan, pihaknya menerjunkan beberapa personel untuk membantu mengevakuasi bus.

"Tidak ada korban. Evakuasi berjalan lancar," ujarnya.

Kapolsek mengatakan, kondisi jalan lumayan baik namun tidak diperuntukkan bagi kendaraan besar.

Jalurnya yang sempit itu hanya cukup untuk sepeda motor dan kendaraan kecil saja.

Tanggapan pengamat

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, pengamat teknologi informasi Onno W.Purbo menyebutkan, kasus pengendara tersesat memakai Google Maps disebabkan karena ada data yang belum lengkap pada aplikasi peta online itu.

"Alhasil, algoritma yang digunakan jadi salah memprediksi, ujarnya pada Kompas.com.

Onno menuturkan bahwa sebetulnya penyebabnya lebih kepada label atau tanda yang ditempelkan ke jalan tersebut.

Sangat dimungkinkan, orang yang memberi label tidak familiar dengan kondisi setempat.

“Kemungkinan data yang ada tidak bisa membedakan antara jalan hewan atau binatang, jalan setapak, jalan motor, gang kecil, gang motor, jalan kecil mobil, jalan mobil, jalan raya, jalan tol, dan lain-lain. Itu yang menyebabkan kesalahan,” ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/28/051500978/cerita-penumpang-saat-bus-pemprov-jatim-terperosok-di-pemakaman-kediri-usai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke