Salin Artikel

Saat Kawanan Hiu Tutul Muncul di Kawasan Wisata Probolinggo...

Seorang wisatawan lokal bernama Gogon mengaku dirinya dan rekan-rekannya melihat tiga ekor hiu tutul saat berendam di pantai dengan kedalaman leher orang dewasa, Rabu (22/2/2023).

“Dipanggil dengan disiul sama teman-teman itu hiunya menghampiri. Ini menjadi hiburan gratis dan langka. Tapi kami tetap menjaga jarak. Selama ini hiu ini tidak pernah mengganggu pengunjung yang datang,” kata Gogon, Rabu (22/2)2023).

Gogon mengatakan, hiu tutul itu muncul sekitar empat hari lalu. Bahkan pada Rabu pagi, terlihat ada empat ekor hiu tutul.

"Hiu tutul itu biasa muncul di bulan Februari tiap tahun di perairan Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Setahu kami, hiu tutul terlihat di perairan Kota Probolinggo dan sekitar PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo," kata Gogon.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Kota Probolinggo, Aries Santoso menjelaskan, kedatangan hiu tutul di perairan Probolinggo merupakan fenomena tahunan.

Kawanan hiu tutul itu biasanya muncul pada akhir atau awal tahun dan pada puncak musim penghujan.

Ia menambahkan, adanya hiu tutul ini diduga disebabkan lantaran banyaknya plankton di perairan Probolinggo yang merupakan makanan hewan tersebut.

“Saya berharap kepada masyarakat atau nelayan agar tidak mengganggu hiu tutul untuk menjaga kelestarian fauna tersebut. Semoga aparat otoritas di pelabuhan atau perairan di Probolinggo juga turut memantau dan mengawasi mobilitas hewan laut tersebut untuk antisipasi agar tidak sampai terdampar di tepi pantai dan membahayakan masyarakat sekitar pantai,” ucap Aries.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/22/212323278/saat-kawanan-hiu-tutul-muncul-di-kawasan-wisata-probolinggo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke