Salin Artikel

6 Kecamatan di Jombang Dilanda Banjir

Enam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Jombang, Kecamatan Tembelang, Kecamatan Plandaan, Kecamatan Peterongan, Kecamatan Sumobito, dan Ploso.

Hadi Sucipto, warga Dusun Balongsono mengungkapkan, banjir melanda kampung tempat tinggalnya setelah hujan deras mengguyur sejak Selasa (21/2/2023) malam.

Di desa tersebut ketinggian air mencapai 1 meter di jalan dan pekarangan, serta 20 sentimeter di rumah warga.

Derasnya hujan, ungkap dia, membuat Sungai Gunting meluap hingga air memasuki perkampungan penduduk.

“Tadi malam hujan deras, dari jam 19.00 WIB sampai kira-kira jam 23.00 WIB, sekarang banjir. (ketinggian) banjir sekitar 1 meter yang di jalan,” kata Hadi, Rabu.

Selain melanda Dusun Balongsono, dua dusun di Desa Balongsono, yakni Dusun Kedungwesi dan Dusun Sedamar, juga dilanda banjir dengan ketinggian 20 sentimeter.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang, Pepy Stevy Maria mengungkapkan, selain di Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, banjir juga melanda Desa Madiopuro, serta Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito.

“Ketinggian air rata-rata 10 sampai dengan 20 sentimeter. Siang ini sudah mulai surut,” kata Pepy saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu siang.

Di Kecamatan Peterongan, banjir melanda Desa Tugusumberejo, tepatnya di Dusun Nglajur dan Ngudi. Kemudian di Kecamatan Jombang, banjir terjadi di Desa Pulolor, serta Desa Sambong.

Adapun di Kecamatan Tembelang, banjir melanda Dusun Sugihwaras, Desa Mojokrakapak. Lalu di Kecamatan Ploso, banjir terjadi di Dusun Kunden, Desa Kedungdowo.

Pepy mengungkapkan, banjir juga sempat melanda Dusun Tanggungan, Desa Pojokklitih, Kecamatan Plandaan.  Banjir di wilayah tersebut, lanjut dia, sepenuhnya sudah surut. 

“Sudah surut, tapi Dusun Tanggungan, Desa Pojokklitih, ada jembatan ambrol akibat banjir luapan,” kata Pepy.

Dia menambahkan, banjir yang melanda beberapa wilayah di 6 kecamatan di Kabupaten Jombang, mayoritas sudah surut. Sejauh ini, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/22/154323778/6-kecamatan-di-jombang-dilanda-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke