Salin Artikel

Arca Peninggalan Kerajaan Singosari di Ngantang Malang Hilang, Diduga Dicuri

Hilangnya arca yang terbuat dari batu andesit itu diketahui pada Senin (20/2/2023) dini hari. Arca tersebut diduga hilang dicuri.

Sebab, menurut keterangan Koordinator Juru Pelihara Cagar Budaya Malang Raya, Imam Pinarko berdasarkan laporan warga setempat, terdapat bekas pijakan kaki manusia di area tempat terletaknya arca tersebut.

"Kasus ini sudah dilaporkan ke kepolisian oleh Kepala Desa setempat," ungkap Imam melalui sambungan telepon, Senin.

Arca itu berada di semak-semak di antara pohon berkuran besar.

Sementara di kawasan tersebut terdapat punden peninggalan jaman kerajaan Singosari. Kini, arca itu hanya tersisa tatakannya.

Ia berharap, aparat kepolisian mengusut dugaan pencurian itu. Sebab, arca Batara Guru merupakan cagar budaya yang harus dijaga kelestariannya.

"Besok, kami bersama dengan BPCB Jawa Timur untuk mengecek kondisi setempat," ujarnya.

Letak arca itu, menurut Imam berada di kawasan punden peninggalan kerajaan Singosari. Sedangkan ukuran arca yang hilang tersebut berkisar 175 sentimeter.

"Menurut cerita warga setempat, arca tersebut sudah ketiga kalinya hendak dicuri oleh oknum masyarakat. Namun selalu gagal. Kali ini berhasil," terangnya.

"Saya berharap, pelaku pencurian itu sadar dan mengembalikan arca tersebut," imbuhnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/20/201229078/arca-peninggalan-kerajaan-singosari-di-ngantang-malang-hilang-diduga-dicuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke