Salin Artikel

Banjir Bandang Landa Ijen Bondowoso, 2 Desa Terdampak

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Dadan Kurniawan menjelaskan, hujan deras mengguyur wilayah itu ketika pukul 15.00 WIB. Banjir bandang melanda rumah warga sekitar pukul 18.25 WIB.

“Ada dua desa yang terdampak, yakni Desa Sempol dan Desa Kalisat,” kata dia kepada Kompas.com via telepon, Senin (13/2/2023).

Menurut dia, ada 79 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kalisat yang terdampak banjir bandang. Rinciannya, sebanyak 23 KK di Dusun Sumberayu, 55 KK di Dusun Kampung Baru, dan dua KK Dusun Taman Kembar.

“Ada dua bangunan madrasah dan mushala juga terdampak,” ujar dia.

Sementara, terdapat 16 rumah warga terdampak banjir bandang di Desa Sempol. Rinciannya, ada enam KK terdampak di Dusun Sempol 2 dan enam KK di Dusun Pesanggrahan.

Selain itu, terdapat dua bangunan sekolah dan gedung KUA yang terdampak di Dusun Pesanggrahan.

Dia menegaskan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang tersebut. Namun, sebagian warga yang rumahnya rusak parah mengungsi.

“Mereka mengungsi ke Masjid Sempol dan rumah keluarga mereka,” tutur dia.

Saat ini, BPBD bersama personel TNI, Polri, dan relawan, melakukan pembersihan jalan utama. Mereka juga mendirikan posko banjir bandang di homestay Arabika. Lalu, petugas mendirikan dapur umum dan posko kesehatan.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/13/104429378/banjir-bandang-landa-ijen-bondowoso-2-desa-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke