Salin Artikel

Soal Konser Feskala, Pihak UM Benarkan Adanya Utang Ratusan Juta Rupiah

MALANG, KOMPAS.com - Kasubdit Kesejahteraan, Kewirausahaan, Karier dan Alumni Universitas Negeri Malang (UM), Subur Hariono membenarkan soal utang dari penyelenggaraan konser bertajuk Festival Cakrawala atau Feskala yang diselenggarakan oleh mahasiswa. Utang ratusan juta rupiah itu dibebankan kepada para mahasiswa yang terlibat.

Subur mengatakan, saat pertemuan pada awal Januari 2023, panitia membeberkan utang akibat penyelenggaraan konser itu sekitar Rp 205 juta. Pada pertemuan itu muncul wacana untuk menanggung utang itu secara bersama-sama.

"Pertemuan pertama Januari lalu, ada wacana patungan, dua pekan lagi rencana ada rapat lagi tapi tidak ada satu panitia yang datang, malah ramai di media sosial. Kemudian Rabu (8/2/2023), ada pertemuan lagi dari orangtua ketua pelaksana datang, panitia-panitia, vendor juga. Semua pihak saling menyampaikan pendapat solusi, ada titik temu," kata Subur pada Kamis (9/2/2023).

Subur mengatakan, utang itu sebagian sudah dicicil dan saat ini menyisakan sekitar Rp 50 juta. Subur juga membenarkan bahwa sebelumnya ada salah satu mahasiswa yang diutangi hingga Rp 120 juta untuk menyukseskan event tersebut.

Dari sisa utang yang ada saat ini, salah satunya untuk vendor seperti sound system dan dokumentasi,

"Ini kan sebenarnya murni acara dari mahasiswa, jumlah panitia ada sekitar 180 orang, rencananya malam ini, Kamis (9/2/2023) ada pertemuan lagi dari pihak-pihak terkait," katanya.

Subur menyampaikan, sebenarnya berbagai pihak sudah menolak kegiatan tersebut. Sebab, ada kekhawatiran event itu akan merugi. Menurutnya, ketua pelaksana kegiatan memiliki andil besar dengan bersikeras untuk menyelenggarakan event tersebut.

"Setelah acara itu, sempat senyap, terus ramai di media sosial, ternyata ada utang, ada tagihan dari vendor ke pihak UM, padahal itu bukan acara UM. Tapi memang diadakan mahasiswa UM. Kemudian ada tagihan pajak hiburan dari Pemkot Malang sekitar Rp 14 juta. Akhirnya kita bantu membayar dari bantuan UM sebesar Rp 75 juta," kata Subur.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UM berinisial SA (22) saat dikonfirmasi pada Kamis (9/2/2023).

SA yang juga terlibat dalam penyelenggaraan event tersebut merasa menyesal. Dia menyampaikan, dirinya harus menanggung beban saat ini sebesar Rp 1.250.000 untuk ikut menanggung renteng utang event.

Padahal, setiap panitia sebelum event dilaksanakan sudah ditarik iuran sebesar Rp 100.000. Para panitia menyalahkan ketua pelaksana kegiatan karena sebelumnya telah disarankan untuk mengganti bintang tamu yang akan tampil dalam event Feskala.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/09/195922978/soal-konser-feskala-pihak-um-benarkan-adanya-utang-ratusan-juta-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke