Salin Artikel

Pemkot Berencana Hadirkan Kendaraan Wisata untuk Keliling Kota Batu

BATU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, berencana mengadakan fasilitas kendaraan wisata. Nantinya, kendaraan itu akan membawa wisata keliling kota dan mengantarkannya ke destinasi yang diinginkan.

Saat ini, Pemkot Batu masih mencari lokasi lahan yang bisa digunakan untuk tempat pemberhentian kendaraan tersebut.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan, lahan untuk tempat pemberhentian itu penting sebagai tempat memarkir kendaraan wisatawan sebelum naik kendaraan wisata. Sementara, lahan yang memungkinkan untuk dijadikan tempat pemberhentian itu adalah lahan aset pemerintah.

"Semacam ada tempat di titik tertentu sehingga wisatawan bisa memarkir kendaraannya, baru setelah itu kendaraan wisata mengantar menuju lokasi yang diinginkan," kata Aries pada Senin (6/2/2023).

Nantinya, di lahan tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung.

"Di situ juga nanti ada loketnya dan segala macam fasilitas. Sedangkan kita belum punya lahannya. Kalau dipaksakan sekarang akan mempersulit, dan cost-nya lebih tinggi untuk wisatawan," katanya.

Pemkot Batu menargetkan, rencana pengadaan kendaraan wisata itu akan terealisasi pada satu atau dua tahun ke depan. Dia juga masih mencari bentuk kendaraan wisata yang tepat untuk digunakan di Kota Batu.

"Sementara ini masih kita pikirkan bentuknya (kendaraan wisata) itu seperti apa," katanya.

Wisatawan asal Sumenep, M Noer Hadi berharap, Kota Batu memiliki bus atau kendaraan wisata dalam kota sehingga dapat menunjang fasilitas pariwisata.

"Ya bagus, kalau misalkan semacam ada bus wisata yang mengantar wisatawan keliling, seperti di Malang itu ada Macito, jadi pengunjung bisa jalan-jalan gratis," katanya.

Selama ini, ketika dirinya pergi ke Alun-alun Kota Batu, praktis hanya melakukan aktivitas jalan-jalan saja. Terkadang, ia menyewa skuter untuk anaknya agar tidak bosan.

"Paling saya sama anak ini pernah naik andong, tapi anak saya lagi senang pakai skuter,'' katanya.

Perlu diketahui, di Kota Malang terdapat bus Macito atau Malang City Tour yang dapat dinaiki secara gratis oleh wisatawan. Hadirnya bus Macito dapat melahirkan daya tarik warga dan wisatawan untuk berkeliling Kota Malang dari atas bus.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/07/194631478/pemkot-berencana-hadirkan-kendaraan-wisata-untuk-keliling-kota-batu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke