Salin Artikel

Pohon Tumbang di Ranupane Tutup Jalur Alternatif Lumajang-Malang

LUMAJANG, KOMPAS.com - Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyebabkan pohon tumbang di jalur Ranupane, Desa Burno, Kecamatan Senduro, pada Senin (6/2/2023).

Pohon berdiameter 100 sentimeter dan tinggi sekitar 20 meter ini menutup seluruh badan jalan dari Lumajang menuju Ranupane dan sebaliknya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengatakan, pohon tumbang di Ranupane disebabkan oleh curah hujan tinggi yang beberapa hari terakhir mengguyur Lumajang.

"Benar ada pohon tumbang di jalur menuju Ranupane. Diduga disebabkan curah hujan tinggi dan angin kencang sehingga tanah tebing terkikis sehingga akar pohon tidak kuat menopang rimbunnya pohon," kata Patria di Lumajang, Senin.

Patria menambahkan, tumbangnya pohon di jalan alternatif menuju Kabupaten Malang ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sebab, saat pohon tumbang pada pukul 03.00 WIB, kondisi jalan masih sepi dari lalu lalang kendaraan.

"Korban tidak ada, karena tumbangnya dini hari ya jadi masih sepi," tambahnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lumajang AKP Radyati Putri mengatakan, untuk sementara jalur alternatif Lumajang - Malang via Ranupane ditutup total sampai proses pembersihan jalan selesai dilakukan.

"Informasinya pohon tumbang menutup seluruh badan jalan jadi sementara kita tutup sampai proses pembersihan jalan selesai," kata Putri.

Putri menambahkan, warga bisa menggunakan jalur utama via Tol Probolinggo atau jalur alternatif Curah Kobokan jika ingin pergi ke Kabupaten Malang.

Khusus untuk jalur alternatif Curah Kobokan, Putri mengimbau warga yang ingin melintas agar berhati-hati dan memperhatikan kondisi cuaca.

Sebab, jika hujan mengguyur kawasan Gunung Semeru, jalur alternatif ini berpotensi besar dilewati aliran lahar dingin Gunung Semeru.

"Sementara yang bisa dilewati ada dua, yaitu lewat Probolinggo bisa lewat tol maupun non-tol atau lewat Curah Kobokan," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/07/145748378/pohon-tumbang-di-ranupane-tutup-jalur-alternatif-lumajang-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke