Salin Artikel

KLM Sumber Jaya Hilang Kontak di Perairan Sumenep, 1 Nakhoda dan 3 ABK Belum Ditemukan

SUMENEP, KOMPAS.com - Kapal Layar Motor (KLM) Sumber Jaya dilaporkan hilang kontak saat perjalanan dari Pelabuhan Bintaro Kalianget menuju Pelabuhan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Minggu (5/2/2023).

Kapal yang dinakhodai oleh Sahe (42) dengan tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) itu hingga kini belum ditemukan. Petugas gabungan pun tengah melakukan pencarian.

"Hilang kontak saat menuju Pelabuhan Masalembu, sekarang masih dilakukan pencarian," kata Kapolsek Masalembu AKP Mohammad Budi Santoso kepada Kompas.com, Senin (6/2/2023).

Budi menjelaskan, peristiwa hilang kontak KLM Sumber Jaya bermula saat kapal itu berlayar dari Pelabuhan Bintaro, Kalianget, menuju Pelabuhan Masalembu pada Sabtu (4/2/2023).

Tak sendiri, KLM Sumber Jaya yang dinakhodai Sahe berlayar beriringan dengan KLM Dua Putri Ayu yang dinakhodai Nismat Efendi.

Selanjutnya, Sabtu (4/2/2023) sekitar pukul 18.00 WIB, Sahe yang merupakan nakhoda KLM Sumber Jaya menelepon Nismat dan memberi tahu bahwa kapalnya berada di belakang KLM Dua Putri.

"Nakhoda KLM Dua Putri membalas dengan menggunakan isyarat senter, selanjutnya KLM Sumber Jaya mengikuti di belakangnya," kata Budi.

Setalah berjarak sekitar 10 – 15 mil dari daratan, yakni pada Minggu (5/2/2023) sekitar pukul 02.00 WIB, lampu KLM Sumber Jaya masih terpantau di belakang KLM Dua Putri Ayu.

Namun, sekitar pukul 04.00 WIB, KLM Sumber Jaya sudah tidak terpantau lagi oleh KLM Dua Putri Ayu.

"Nakhoda KLM Putri Ayu memberikan isyarat lampu senter berkali-kali tetapi KLM Sumber Jaya tidak membalas isyarat tersebut," ujar Budi.

Kini, lanjut Budi, petugas tengah melakukan Koordinasi dengan Syahbandar Masalembu.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan stasiun radio Pantai Masalembu untuk melakukan broadcast informasi ke Kapal-Kapal yang sedang melewati perairan laut Masalembu.

"Kalau penyebab hilang kontak kami belum tahu pasti, cuma berdasarkan keterangan dari saksi memang sempat terjadi gelombang di perairan Gili sekitar 1,5 meter di malam pelayaran itu," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/06/192921378/klm-sumber-jaya-hilang-kontak-di-perairan-sumenep-1-nakhoda-dan-3-abk-belum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke