Salin Artikel

Puncak Resepsi 1 Abad NU, GKI Sidoarjo Buka Tempat Istirahat untuk Nahdliyin, Sediakan Makanan dan Minuman Gratis

KOMPAS.com - Puncak Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) akan berlangsung di Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), pada Selasa (7/2/2023).

Bukan hanya warga Nahdliyin, berbagai elemen masyarakat lainnya juga turut memeriahkan acara tersebut, termasuk Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sidoarjo, Jatim.

Untuk turut meramaikan hari lahir ke-100 NU, jemaat GKI Sidoarjo memasang 9 bendera NU dan 4 bendera Merah Putih di depan gedung gereja secara swadaya.

Pendeta GKI Sidoarjo Leonard Andrew Immanuel mengatakan, pihaknya juga membuka posko untuk persinggahan para Nahdliyin.

"Kami juga membuka tempat istirahat. Para jemaah (warga Nahdliyin) ini akan mendapat makanan dan minuman, juga fasilitas toilet serta wifi secara gratis," kata Leonard dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com pada Senin (6/2/2023).

Selain itu, dia menambahkan, GKI Sidoarjo juga akan menyediakan layar untuk warga Nahdliyin yang ingin menonton bareng acara Puncak Resepsi Satu Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo.

"Bila panita satu Abad NU menyediakan live streaming, kami juga akan membuka layar agar para jemaah yang tidak dapat mendekat ke lokasi bisa tetap mengikuti acara satu abad NU ini," ujar Leonard.

Leonard menyampaikan, 2 bus berisi rombongan jemaah NU dari Kendal, Jawa Tengah (Jateng), akan transit di GKI Sidoarjo pada sore hari ini, Senin (6/2/2023).

"Mereka datang pada hari Senin sore (sehari sebelum Puncak Resepsi Satu Abad NU digelar)," ucap Leonard.

Leonard pun menerangkan, warga Nahdliyin yang hendak mendatangi posko GKI Sidoarjo dapat langsung datang ke di Jalan Trunojoyo Nomor 39, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo.

Dia melanjutkan, GKI Sidoarjo berjarak sekitar 2,6 kilometer dari atau menuju Stadion Gelora Delta dengan waktu tempuh sekitar 7 menit.

Rangkaian acara Puncak Resepsi 1 Abad NU

Puncak Resepsi 1 Abad NU akan digelar selama 24 jam mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB. Rencananya acara ini bakal terbagi menjadi lima sesi, yakni:

1. Sesi ritual keagamaan NU, mulai dari istigasah, zikir, shalat subuh berjemaah, serta selawatan, yang akan dimulai pada pukul 00.00 - 07.30 WIB.

2. Sesi resepsi yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan ulama Islam sedunia pada pukul 07.00-11.00 WIB. Sesi ini bakal diisi dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai tanda memasuki abad kedua NU.

3. Sesi Karnaval Nusantara dengan iringan penampilan kolosal ribuan Banser diikuti tarian sufi dan tarian-tarian Nusantara, mulai dari Alun-alun Sidoarjo hingga Parkir Timur Stadion Gelora Delta yang berlangsung pukul 14.00 - 17.30 WIB.

4. Sesi panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta yang akan diisi oleh penampil, antara lain adalah Penyanyi berdarah Lebanon, Maher Zain, Slank, dan Rhoma Irama. Sesi ini akan berlangsung pukul 18.00 - 23.00 WIB.

5. Segmen bazar UMKM dan Kuliner Nusantara yang berlangsung sepanjang hari di area Parkir Timur Stadion Delta Sidoarjo serta enam lokasi lainnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/06/120241478/puncak-resepsi-1-abad-nu-gki-sidoarjo-buka-tempat-istirahat-untuk-nahdliyin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke