NEWS
Salin Artikel

Putri Tukang Becak Menangis Usai Tahu Sang Ayah Tambal Jalan Berlubang demi Dirinya

Warga Desa Dinoyo, Kecamatan Deket, Lamongan, Jawa Timur tersebut tak menyangka ayahnya bahkan tak lelah menyusuri jalanan di Kecamatan Deket-Karangbinangun selama beberapa hari.

"Waktu saya kerja, sempat buka handphone dan lihat di medsos ternyata bapak sudah viral, menambal lubang di jalan demi menjaga keselamatan saya," ungkap Iis, sapaan akrab Ista'anul Jannati, Jumat (3/2/2023).

"Tahu apa yang dilakukan bapak, saya langsung menangis," lanjut dia.

Tak pernah bercerita

Iis membenarkan apa yang dikatakan oleh sang ayah bahwa setiap hari dia harus melewati jalan tersebut.

Anak bungsu dari tiga bersaudara itu menjelaskan dirinya bekerja di Plaza Lamongan sebagai penjaga tiket wahana permainan.

Namun, sang ayah selama ini tidak pernah bercerita kepadanya perihal aksi menambal jalan tersebut.

Menurut Iis, sang ayah cenderung pendiam dan terkesan cuek. Terlebih, sepeninggal ibunda Iis pada Agustus 2022 lalu.

"Dari kecil sampai sekarang, saya baru tahu sebesar itu pengorbanan yang dilakukan oleh bapak. Saya terharu, karena selama ini bapak orangnya cuek," kata Iis.

Iis bercerita, dia memilih langsung terjun ke dunia kerja selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hal itu dilakukannya demi membantu orangtuanya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kalau saya melanjutkan kuliah, pasti menambah beban. Jadi lulus SMA saya langsung kerja, kasihan bapak kerja sendirian," tutur Iis.

Jualan bakso

Saat ini, Gufron diketahui sehari-hari mengais rezeki sebagai pengemudi becak motor.

Namun sebelum menekuni profesi tersebut, dia sempat membuka lapak berjualan bakso di depan rumahnya yang berada di Desa Dinoyo, Kecamatan Deket.

Lapak bakso Gufron ditutup sepeninggal sang istri. Gufron pun lebih memilih menekuni profesi sebagai tukang becak motor.

"Istri memang pernah buka usaha bakso di depan rumah, tapi sekarang sudah tutup. Ditambah lagi anak kedua saya sedang hamil tua, sehingga tidak bisa meneruskan usaha," kata Gufron.

Sebelumnya, aksi Gufron menambal lubang di ruas jalan Kecamatan Deket-Karangbinangun sempat menjadi buah bibir dan banyak menyedot perhatian warganet.

Lantaran aksi selama dua hari tersebut dilakukan Gufron atas inisiatif sendiri, berbekal peralatan pribadi dan bahan material seadanya. Hal itu dilakukan Gufron lantaran takut putrinya celaka.

Pemkab Lamongan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, kemudian langsung merespons dengan dengan menutup lubang yang ada di ruas jalan tersebut.

Bahkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang telah dilakukan oleh Gufron.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/03/221405678/putri-tukang-becak-menangis-usai-tahu-sang-ayah-tambal-jalan-berlubang-demi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke