Salin Artikel

Bikin Video Umpat Presiden Jokowi, Pria di Lamongan Diamankan, Ternyata ODGJ

Video yang diberi judul 'Lagu untuk Jokowi' berdurasi 18 detik tersebut viral di media sosial, setelah diunggah oleh akun TikTok @Marbudi58.

Dalam video tersebut, SJ bernyanyi sambil melontarkan umpatan pada Presiden Jokowi.

Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Komang Arya Wiguna. mengatakan, pihak kepolisian bergerak cepat dengan mengamankan SJ setelah video tersebut beredar.

"Kita telah amankan SJ dari Kecamatan Sarirejo, yang telah membuat konten media sosial di mana ada unsur penghinaan terhadap kepala negara," ucap dia, Rabu (1/2/2023).

Namun setelah dilakukan penyelidikan, diketahui bila SJ adalah ODGJ yang sampai saat ini masih mendapatkan perawatan.

Hal ini dikuatkan, dengan surat dari fasilitas medis tempat SJ dirawat.

"Berdasarkan surat keterangan dari Puskesmas Dermolemahbang Sarirejo, membenarkan yang bersangkutan benar-benar menderita ODGJ sejak 2019," tutur Komang.

SJ juga termasuk dalam daftar pasien ODGJ yang mendapatkan injeksi obat khusus untuk penderita tahun 2020, serta termasuk dalam daftar penderita gangguan jiwa di Kecamatan Sarirejo.

Sehingga pihak kepolisian akhirnya memutuskan, untuk tidak meneruskan kasus tersebut.

"Tindak lanjutnya, kami akan membantu merawat SJ dan membawanya ke panti rehabilitasi milik Pak Purnomo, salah seorang anggota kami yang memang merawat ODGJ di pantinya," kata Komang.

Aipda Purnomo juga membenarkan, SJ yang diduga melakukan penghinaan terhadap Presiden Jokowi melalui konten di media sosial adalah ODGJ.

"Kami akan rawat di panti rehab ODGJ, di Yayasan Berkas Bersinar Abadi," ucap Purnomo.

Kepala Desa Sumberjo, Ainus menjelaskan SJ mengalami gangguan jiwa dalam beberapa tahun terakhir, serta masih dalam tahap pengobatan.

"ODGJ sejak tahun 2019 dan masih pengobatan, tinggal bersama orangtuanya. Kalau keseharian, kadang di rumah, kadang keluyuran di sekitar-sekitar kampung," kata Ainus.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/01/181409978/bikin-video-umpat-presiden-jokowi-pria-di-lamongan-diamankan-ternyata-odgj

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke