Salin Artikel

Keberangkatan 87 PMI Ilegal Digagalkan di Bandara Juanda

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim Himawan Estu Bagijo mengatakan, puluhan calon PMI non prosedural itu akan bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART).

"Ada 87 tenaga kerja ilegal yang akan diselundupkan ke luar negeri, semuanya perempuan dan itu dapat dicekal di Bandara Juanda hari ini," ungkap dia kepada awak media, Sabtu.

87 orang calon PMI itu langsung dibawa dari Bandara Juanda ke shelter Kantor Unit Pelayanan Teknis dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT-P2TK) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur di Jalan Bendul Merisi, Surabaya.

"Dan hari ini mereka semua ini akan kita tampung di shelternya Disnakertrans Jatim yang ada di Jalan Bendul Merisi ini," ungkap Himawan.

Menurut Himawan, pencekalan tersebut melibatkan beberapa lembaga yakni Kemenaker, Imigrasi, Angkatan Laut, Pomal dan BIN.

"Juga ingin kita sampaikan bahwa mereka sebagai PMI yang ilegal karena tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah, dan akan menjadi suatu kejahatan yang jelas arahnya tindakan TPPO. Ini akan kita laporkan ke Polda Jatim," paparnya.

Menurutnya, saat ini tim sedang fokus memberikan pelayanan dan fasilitas yang layak kepada semua korban di shelter sementara itu.

Kemudian petugas akan menyerahkan bukti paspor para korban dan tiket pesawat sebagai alat pendukung untuk melaporkan kepada aparat penegak hukum.

Dia berharap kepolisian bisa mencari siapa sindikat mafia PMI ilegal tersebut.

"Siapa pelakunya belum diketahui, tapi ini ada empat PT yang memberangkat PMI ini, semuanya dari Jakarta semua bukan dari Jawa Timur," cetus dia.

Sementara itu Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani memastikan akan menindaklanjuti perusahan yang berani memberangkatkan para korban tersebut.

Dirinya juga mengapresiasi kinerja satgas di Jatim menunjukkan kolaborasi dalam penggagalan keberangkatan PMI ilegal tersebut.

"Saya katakan terkait ada PT yang di Jakarta, nanti BP2MI akan memantau perusahan tersebut terkait PT itu, kami tidak akan tinggal diam. Kami akan meminta penegak hukum, ayo, ini saatnya kita tidak boleh berkompromi dengan kejahatan," papar dia.

Momentum ini harus menjadi titik perlawanan yang serius kepada sindikat mafia penempatan PMI ilegal.

"Kita harus berani memenjarakan siapa pun yang menjadi sindikat mafia penempatan ilegal. Ini saatnya negara tidak boleh kalah dan tunduk kepada para penjahat itu," pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/28/232646678/keberangkatan-87-pmi-ilegal-digagalkan-di-bandara-juanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke