Salin Artikel

Emil Dardak Berharap Jembatan Kaca Bromo Bermanfaat untuk Warga Setempat

KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan gantung kaca di Seruni Point, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jembatan sepanjang 120 meter itu diharapkan dapat memberikan manfaat untuk warga setempat.

Jembatan kaca yang terletak di Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo, itu sedang dalam masa evaluasi hasil uji beban. Uji beban menggunakan beban seberat 7 ton atau setara dengan 100 orang. Hal ini untuk menjamin keamanan dan keselamatan bagi wisatawan.

"Kita menginginkan, supaya benar-benar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitar Bromo," kata Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di Kota Malang, seperti dikutip Antara, Rabu (18/1/2023).

Menurut Emil, keberadaan jembatan kaca itu akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo. Peningkatan kunjungan wistawan itu diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada perekonomian masyarakat.

"Kami ingin pariwisata ini mengakar ke masyarakat, bagaimana warga setempat bisa duduk rembuk bareng kita. Bahwa, kalau ini meningkatkan kunjungan wisatawan, bagaimana jembatan tersebut membawa dampak positif kepada masyarakat di sana," ujarnya.

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo mencapai 318.919 wisatawan selama 2022. Terdiri dari 310.418 wisatawan nusantara dan 8.501 wisatawan asing.

Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari kunjungan wisatawa itu mencapai Rp 11,65 miliar. Angka tersebut naik dibandingkan capaian PNBP pada tahun 2021 sebesar Rp 4,85 miliar.

Sumber: Antara

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/18/222421078/emil-dardak-berharap-jembatan-kaca-bromo-bermanfaat-untuk-warga-setempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke