Salin Artikel

Gunung Semeru Alami 51 Kali Letusan, Petugas Pos Pantau Dengar Suara Gemuruh

Sejak pukul 00.00-12.00 WIB, ada 51 kali letusan yang terdeteksi seismograf Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur dengan amplitudo 11-24 milimeter.

Letusan itu juga diikuti dengan munculnya asap putih kelabu yang membumbung 500-1.000 meter dari puncak Kawah Jonggring Saloko.

Di antaranya, pukul 05.09 WIB, dengan jarak luncur asap 700 meter mengarah ke utara. Pukul 05.36 WIB, dengan tinggi kolom letusan asap berwarna kelabu hingga coklat sejauh 1.000 meter mengarah ke barat. Pukul 06.17 WIB, letusan asap kembali tampak dengan jarak luncur 600 meter mengarah ke urara.

Selain itu, aktivitas vulkanik berupa guguran juga terjadi dua kali dengan jarak luncur 800 meter mengarah ke Besuk Kobikan.

"Suara gemuruh juga beberapa kali terdengar dari pos pantau, lebih dari dua kali," kata petugas Pos Pantau Gunung Api Semeru Mukdas Sofian di Lumajang, Selasa.

Kondisi Gunung Semeru memang belum menunjukkan penurunan usai dua kali meletus dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada 2021 dan 2022.

Oleh karena itu, Mukdas mengimbau warga yang berada di sekitar lereng gunung untuk tetap waspada. Mengingat, aktivitas vulkanik setiap hari masih terjadi.

Sehingga potensi terjadi erupsi berupa APG dan lontaran batu pijar masih tinggi. Khususnya yang berada pada radius lima kilometer dari puncak kawah.

"Diharapkan, warga tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari puncak karena rawan terhadap lontaran batu pijar," imbau Mukdas.

Selain itu, cuaca ekstrem yang mengguyur kawasan puncak Gunung Semeru juga menyebabkan kawasan lereng rawan banjir lahar dingin dengan membawa material pasir dan batu.

Terbaru, Pukul 15.38 WIB, pos pantau sudah mendeteksi adanya getaran banjir dengan amplitudo empat milimeter.

Sampai berita ini ditulis, hujan masih mengguyur kawasan Puncak Gunung Semeru yang berpotensi menaikkan getaran banjir lahar yang terjadi.

"Waspadai potensi banjir lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu ke puncak. Utamanya aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Sat dan Besuk Lanang," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/17/163841778/gunung-semeru-alami-51-kali-letusan-petugas-pos-pantau-dengar-suara-gemuruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke