Salin Artikel

Nama Ganjar dan Prabowo Muncul dalam Musra Relawan Jokowi di Surabaya

Dalam forum tersebut diusulkan nama-nama calon presiden dan calon wakil presiden yang sebagai pengganti Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2024.

Musra yang digelar di Grand City Surabaya itu dihadiri ribuan relawan dari berbagai daerah dan kelompok.

Setiap perwakilan relawan capres-cawapres yang hadir mengungkapkan keunggulan jagoannya. Ada yang mendukung Ganjar Pranowo, Arsjad Rasjid, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, dan banyak lagi lainnya.

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea mengapresiasi antusiasme relawan dan masyarakat Jatim yang hadir membanjiri forum tersebut.

"Kita pastikan Musra Jatim jadi Musra termegah dan terbesar. Semoga muncul pemimpin penerus Jokowi dari rangkaian Musra ini," kata Andi Gani di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, puncak musyawarah akan berlangsung di Jakarta pada pertengahan Maret.

"Di puncak Musra nanti kita akan diumumkan tiga nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra," jelasnya.

Andi menambahkan, tiga nama capres dan cawapres itu akan dilaporkan ke Presiden Jokowi.

Sepanjang musyawarah, tiga besar capres yang diusulkan para relawan yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Adapun nama cawapres ada nama Mahfud MD dan Sandiaga Uno.

"Prabowo Subianto bersaing ketat dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Kedua nama ini banyak dielu-elukan para buruh," katanya.

Pendukung menyebutkan, Prabowo paling cocok sebagai pengganti Jokowi karena sosoknya yang tegas dan dianggap paling mumpuni memimpin bangsa Indonesia.


Sementara itu, nama Menko Polhukam Mahfud MD didukung peserta musra yang juga mahasiswa Universitas Dr Soetomo Surabaya, Hendrik Rara Lunggi.

Menurut dia, Indonesia butuh pendekar pendobrak kebuntuan hukum dan penegak keadilan seperti Mahfud MD.

Sejak menjadi Menteri Pertahanan, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), dan Menko Polhukam, Mahfud dinilai telah menelurkan berbagai kebijakan dan dobrakan kebuntuan persoalan hukum.

"Di masa Pemerintahan Pak Jokowi, beliau mengawal penuntasan kasus dari mulai BLBI, Sambo, Kanjuruhan, kasus korupsi, dan kasus hukum lainnya," jelas Ketua BEM Unitomo ini.

Ketua Umum Relawan Sapulidi Nusantara sekaligus Ketua Umum ormas Arek Jogoboyo Ahmad Badruttamam mengapresiasi dan mendukung Musra XIII di Surabaya.

Apa pun hasil Musra, pihaknya mengaku tetap akan satu barisan dengan pilihan politik Presiden Jokowi.

"Apa pun hasil dari Musra XIII, sikap dari Sapulidi Nusantara dan Jogoboyo tetap patuh sepenuh hati pada keputusan Pak Jokowi," tegasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/16/091654578/nama-ganjar-dan-prabowo-muncul-dalam-musra-relawan-jokowi-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke