Salin Artikel

Diisukan Hubungan Renggang, Pertemuan Hangat Terjadi antara Wali Kota Malang Sutiaji dan Pendahulunya Abah Anton

Sebab, dalam kegiatan itu terdapat momen pertemuan antara Wali Kota Malang saat ini, Sutiaji dengan mantan Wali Kota Malang sebelumnya Mochamad Anton, atau Abah Anton. Pertemuan keduanya terjadi di hadapan Rais Syuriyah PCNU Kota Malang, Kiai Chamzawi.

Sebagai informasi, Sutiaji dan Abah Anton pernah menjadi pasangan Wakil Wali Kota Malang dan Wali Kota Malang periode 2013-2018.

Namun, hubungan keduanya dinilai oleh publik mulai renggang sejak keduanya menjabat dalam periode tersebut hingga saat ini. Apalagi, setelah periode tersebut usai, Abah Anton dan Sutiaji saling bertarung dalam Pilkada 2018.

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut, keduanya bersalaman dan tampak berkaca-kaca meski masih terlihat canggung. Namun, Sutiaji menegaskan bahwa mereka berdua tetap bersaudara.

"Jangan sampai ada kastanisasi, saya dan Abah Anton bersaudara, setelah ini kembali sebagai manusia yang tanggungjawabnya secara personal, bukan kelembagaan," kata Sutiaji pada Minggu (15/1/2023).

Sutiaji mengatakan, pertemuan itu bukan pertama kali dan dirinya mengaku sebelumnya sudah bertemu dengan Abah Anton baru-baru ini.

Dia juga menyampaikan, bahwa dirinya saat ini menjabat sebagai Wali Kota Malang hanya melanjutkan perjuangan kepemimpinan sebelumnya.

"Saya meneruskan perjuangan Abah Anton, kemudian Abah Anton meneruskan perjuangan dari Pak Peni, begitu sampai pemimpin sebelum-sebelumnya. Tentu manusia tidak ada yang sempurna, yang kurang kita benahi, yang baik kita teruskan," katanya.

Disinggung, soal munculnya baliho ucapan selamat ulang tahun kepada Abah Anton dengan tulisan 'Lanjutkan 2024' juga ditanggapi secara bijak oleh Sutiaji. Menurutnya, hal itu hak warga negara untuk berpartisipasi dalam berpolitik.

"Kita terbuka, namanya jabatan itu amanah, jangan sampai jabatan jadi tujuan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/15/115741878/diisukan-hubungan-renggang-pertemuan-hangat-terjadi-antara-wali-kota-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke