Salin Artikel

Detik-detik Ibu di Gresik Dievakuasi dengan Mobil Skywalker Usai Melahirkan di Lantai 2 Rumahnya

Kepala Damkarla Gresik Agustin Holomoan Sinaga mengatakan, Yuliana dievakuasi dari lantai dua rumah tersebut dengan mobil skywalker.

"Ada ibu hamil yang tidak bisa turun dari lantai dua, dikarenakan tangga yang digunakan untuk turun mengalami korosi. Takut terjadi hal yang tidak diinginkan, anggota keluarga kemudian menghubungi kami," ujar Sinaga kepada awak media, Rabu (11/1/2023).

Agustin menjelaskan mulanya Yuliana merasakan kontraksi pada Rabu pukul 14.14 WIB.

Saat itu ibu hamil tersebut berada di lantai dua rumahnya dan kesulitan menuruni tangga. 

Keluarga lantas melapor ke petugas Damkar hingga bantuan pun diterjunkan. Lantaran sudah tak tahan, tenaga medis membantu Yuliana melahirkan di lantai dua rumahnya.

Sinaga menjelaskan, lantaran mobil Damkarla Gresik memiliki keterbatasan, penyelamatan dan evakuasi dilakukan bersama jajaran Dishub Gresik, termasuk melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Sukomulyo.

Yuliana dievakuasi dengan mobil skywalker sesaat usai melahirkan.

"Evakuasi melibatkan pihak Dishub, dengan membawa mobil skywalker untuk proses penurunan," ucap Sinaga.

Akhirnya petugas gabungan berhasil menolong Yuliana turun dari lantai dua rumah, sekitar pukul 16.05 WIB.

Selanjutnya, ibu dan bayi yang baru dilahirkan dibawa ke Puskesmas Sukomulyo menggunakan ambulans untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Alhamdulillah, baik ibu maupun bayi dalam keadaan sehat. Terima kasih Damkarla Gresik dan semua pihak yang telah membantu. Ibunya sempat ditolong dulu melahirkan di kamar yang ada di lantai dua oleh petugas kami, kemudian turun menggunakan skywalker," tutur Kepala Puskesmas Sukomulyo, Titik Ernawati.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/12/061213578/detik-detik-ibu-di-gresik-dievakuasi-dengan-mobil-skywalker-usai-melahirkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke