Salin Artikel

Melihat Potensi Bahaya dari Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Ijen

Mengutip data Badan Geologi KESDM RI, peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ijen ditandai dengan meningkatnya kejadian Gempa Embusan dan Gempa Vulkanik Dangkal sejak bulan Juli 2022.

Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan pada kedalaman dangkal sebagai akibat dari aktivitas hydrothermal Gunung Ijen.

"Sehingga menyebabkan meningkatnya kejadian embusan di Gunung Ijen," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan, Minggu (8/1/2023).

Dia menjelaskan, peningkatan aktivitas di Kawah Ijen seringkali ditandai oleh perubahan warna air danau kawah dari hijau menjadi hijau keputih-putihanan.

"Itu terjadi akibat naiknya endapan dari dasar danau ke permukaan oleh adanya tekanan gas yang kuat dari dasar danau," ungkapnya.

Selain itu, suhu air kawah Ijen juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan atau konsentrasi gas yang keluar dari dasar danau.

Dalam kondisi meningkatnya aktivitas Kawah Ijen, biasanya gelembung - gelembung gas di permukaan air kawah akan muncul.

Bahkan, pada pengukuran suhu air danau tanggal 5 Januari 2023 juga menunjukkan peningkatan, jika dibandingkan dengan hasil pengukuran bulan Desember 2022.

Potensi bahaya yang bisa ditimbulkan dari aktivitas vulkanik Gunung Ijen saat ini, adalah gas-gas vulkanik konsentrasi tinggi di sekitar kawah yang berasal dari aktivitas solfatar di dinding kawah Ijen.

"Selain itu juga difusi gas vulkanik dari dalam kawah ke permukaan, dan erupsi freatik berupa semburan gas dari danau kawah," ucapnya.

Menurut Suparjan, erupsi freatik itu bisa terjadi tanpa didahului oleh peningkatan aktivitas baik visual maupun kegempaan.

Beberapa kejadian peningkatan aktivitas Kawah Ijen seringkali diikuti oleh kejadian outburst gas atau letusan/semburan gas dari danau kawah Ijen.

"Gas yang menyembur tersebut terutama adalah CO2," imbuh dia.

Gas CO2 itu mempunyai berat jenis yang lebih berat dari udara, sehingga CO2 yang keluar akibat letusan atau semburan ini, cenderung akan mengalir menyusuri lembah seperti kejadian letusan semburan gas di Kawah Ijen pada Maret 2018 silam.

Dalam perjalanannya, erupsi Gunung Ijen terjadi sejak tahun 1900 silam. Erupsi itu berupa letusan-letusan freatik yang bersumber dari danau kawah.

Lalu erupsi freatik pada tahun 1993 menghasilkan tinggi kolom asap berwarna hitam yang mencapai ketinggian 1.000 meter.

Pada tahun 2011 hingga 2012 juga mengalami peningkatan aktivitas berupa kenaikan kegempaan dan suhu air danau.

Kemudian pada tahun 2017 terjadi tiga kali semburan gas (CO2 outburst). Pada tahun 2018 juga terjadi tiga kali semburan gas (CO2 outburst), yaitu pada tanggal 10 Januari 2018, 19 Februari 2018 dan 21 Maret 2018.

Aktivitas itu merupakan semburan gas yang cukup besar yang diikuti oleh kejadian aliran gas menyusuri lembah Sungai Banyu Pait hingga mencapai jarak lebih dari 7 kilometer.

Peningkatan kegiatan terakhir terjadi pada 17 Januari 2020, berupa kenaikkan jumlah Gempa Vulkanik Dangkal.

Badan Geologi mencatat, kegempaan Gunung Ijen didominasi oleh gempa permukaan sejak 1 Januari 2023, yakni berupa gempa vulkanik dangkal yang terekam 82 kali dan gempa hembusan 32 kali.

Terkait peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ijen tersebut, bisa dievaluasi kembali jika terdapat perubahan aktivitas secara visual dan instrumental yang signifikan.

Sementara itu, menurut General Manajer Ijen Geopark, Abdillah Baraas, peningkatan aktivitas vulkanik Kawah Ijen disebabkan ada magma/lava yang sedang mencari jalan keluar.

Gunung Ijen, kata Abdillah, memiliki dapur magma yang ada di bawahnya.

"Kalau dianalogikan, di bawah kawah itu saat ini sedang bergejolak seperti kompor panas," kata Baraas.

"Kemudian memiliki kawah yang dianalogikan seperti panci air. Sehingga jika api di kompor itu menyala, maka air di panci akan mendidih," imbuhnya.

Sedangkan volume air yang meningkat, disebabkan adanya curah hujan yang tinggi.

"Didukung pula dari data PPGA Ijen yang menunjukkan aktivitas melebihi batas normal," ungkap Baraas.

Dia juga mengungkapkan bahwa aktivitas vulkanik Kawah Gunung Ijen merupakan siklus alam tahunan yang terus berulang.

Namun pada awal tahun 2023 ini, siklus peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ijen itu lebih cepat 10 tahun, sejak 2012 silam.

"Lebih cepat 10 tahun agaknya, karena dulu pernah terjadi siklusnya lumayan agak lama," ujarnya.

Dengan aktivitas itu, General Manajer Ijen Geopark itu menyampaikan bahwa saat ini danau di Kawah Ijen tidak disarankan untuk dikunjungi, karena gas-gas beracun yang sedang meningkat.

"Karena cukup berbahaya," tandas Abdillah Baraas.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/09/065546078/melihat-potensi-bahaya-dari-peningkatan-aktivitas-vulkanik-gunung-ijen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke