Salin Artikel

Persebaya Tak Bisa Pakai Stadion Gelora Bung Tomo, Disbudpora: Negara Sedang Punya Hajat

Pasalnya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sedang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada Mei 2023.

Saat ini, Stadion GBT dan lapangan pendukung untuk Piala Dunia U-20, sudah masuk proses renovasi yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Seperti diketahui, berdasarkan surat Kementerian PUPR, lima stadion yang dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun mulai Januari hingga Piala Dunia U-20 berakhir.

Surat dari Kementerian PUPR itu telah diterima Pemkot Surabaya bersama empat daerah lain yang menjadi tuan rumah pada 2 Januari 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widyawati mengatakan, Stadion GBT tidak boleh digunakan Persebaya karena sedang direnovasi.

"Sudah ada surat dari Menteri PUPR bahwa ini (stadion untuk Piala Dunia U-20) harus clear. Jadi kami menolak (izin) karena ada alasan. Negara sedang punya hajat. Segala sesuatunya harus sesuai dengan rencana kementerian," kata Wiwiek di Surabaya, Jumat (6/1/2023).

Meski Stadion GBT tak bisa digunakan Persebaya sampai Piala Dunia U-20 selesai, klub kebanggaan arek Suroboyo itu tetap bisa bermain di kota tetangga untuk sementara waktu.

"Sudah dipastikan bahwa mereka (Persebaya) akan main di Gresik (selama GBT dipersiapkan dan digunakan untuk Piala Dunia)," ujar Wiwiek.

Ia menambahkan, material untuk renovasi stadion GBT dan lapangan pendukung lainnya sudah tiba di lokasi pekan depan.

Selain Stadion GBT yang menjadi venue utama pertandingan, Pemkot Surabaya juga menyiapkan dua lapangan olahraga pendukung untuk menyambut Piala Dunia U-20.

"Stadion utama tentu GBT, lalu untuk lapangan latihan ada GlStadion Gelora 10 November dan Lapangan TOR. Lapangan-lapangan ini akan dilakukan perbaikan oleh Kementerian PUPR untuk disempurnakan," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/06/233450578/persebaya-tak-bisa-pakai-stadion-gelora-bung-tomo-disbudpora-negara-sedang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke