Salin Artikel

Viral Video Pengejaran Pelaku Curanmor di Kota Malang, Satu Pelaku Tertembak

MALANG, KOMPAS.com - Viral video pengejaran dan penembakan yang dilakukan petugas Polresta Malang Kota terhadap pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor di wilayah Kelurahan Gading Kasri, Kota Malang.

Aksi pengejaran dan penembakan pelaku curanmor itu terjadi pada Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 03.40 WIB.

Terlihat dalam video tersebut dua pelaku yang dikejar. Satu pelaku mengenakan pakaian atas berwarna merah, celana panjang dan topi. Satu pelaku lainnya mengenakan pakaian atas berwarna biru dengan membawa senjata tajam berupa celurit.

Ketua RT 2 RW 1 Kelurahan Gading Kasri, Muhammad Suhud membenarkan adanya kejadian tersebut.

Saat itu, sekitar pukul 03.15 WIB, dia bangun dari tidurnya hendak shalat tahajud. Suhud mendengar adanya suara letusan sebanyak tiga kali. Dia mengira bahwa letusan itu merupakan petasan.

"Bunyi tiga kali, dor dor dor, saya pikir dolinan mercon (mainan petasan), saya terus tinggal aktivitas seperti biasa," kata Suhud pada Jumat (6/1/2023).

Sekitar pukul 04.15 WIB, Suhud sempat mendengar suara orang sedang berbicara di samping jalan rumahnya yang diduga merupakan pelaku. Namun, dia tidak mengindahkan suara tersebut.

"Itu di samping rumah gang saya kayak ada yang omong-omongan, tapi saya enggak bisa memastikan itu siapa," katanya.

Selanjutnya, tetangganya diberitahu bahwa ada peristiwa tersebut. Suhud juga mendapat laporan dari warganya bahwa ada baju dan topi milik salah satu pelaku dengan bercak darah ditinggalkan di suatu lahan kosong.

Bahkan, salah satu kaus miliknya yang masih dijemur hilang dan diduga diambil pelaku untuk menutupi lukanya.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga mengatakan, aksi kejar mengejar dilakukan petugas kepolisian terhadap pelaku yang berniat melakukan pencurian sepeda motor (curanmor).

Awalnya, petugas sedang melakukan kring serse atau patroli pencegahan pelaku tindak kriminal. Saat itu, petugas menemukan adanya tiga pelaku yang masing-masing membawa sepeda motor dan berjalan beriringan dengan gelagat yang mencurigakan.

"Terlihat seperti membawa senjata tajam, kemudian dari Sat Reskrim Polresta Malang Kota karena ada kejadian tersebut, mengikuti dan mengejar," kata Bayu pada Jumat (6/1/2023).

Dari tiga pelaku yang dikejar, dua orang berhasil kabur. Sedangkan satu pelaku melawan para petugas kepolisian dengan mengeluarkan senjata tajam berupa celurit. Aksi kejar mengejar berlangsung di dalam permukiman di Jalan Simpang Gading, Kelurahan Gading Kasri.

Satu pelaku dengan jenis kelamin laki-laki berinisial PO yang masih berusia 15 tahun berhasil ditangkap. Pria tersebut asal Wagir, Kabupaten Malang, dan terpaksa mendapatkan timah panas di bagian kaki kirinya.

Sedangkan, dua pelaku lainnya yang kabur, saat ini menjadi DPO atau Daftar Pencarian Orang oleh Sat Reskrim Polresta Malang Kota. Lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan kepolisian diketahui bahwa pelaku bersama kawan-kawannya hendak mencuri motor.

"Mereka merupakan komplotan curanmor, dari BAP (Berita Acara Pemeriksaan) sementara yang bersangkutan terakhir melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Malang Kota sebanyak 3 TKP (Tempat Kejadian Perkara), ada salah satunya LP (Laporan Polisi) di Sukun sudah ada," katanya.

Pelaku yang sudah tidak sekolah itu mengaku hendak mencuri motor untuk membeli chip game online.

PO dijerat dengan Pasal 2 UU Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman 10 tahun penjara.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/06/172542978/viral-video-pengejaran-pelaku-curanmor-di-kota-malang-satu-pelaku-tertembak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke