Salin Artikel

Teliti Sampel Asap dari Septic Tank Rumah Warga, Dinas LH Madiun: Dominan Unsur Belerang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Edy Bintardjo menyatakan, timya sudah meneliti sampel asap yang keluar dari pipa cerobong septic tank.

“Tadi tim kami sudah turun ke lokasi mengambil sampel asapnya. Setelah diteliti dengan alat yang kami miliki ternyata lebih dominan unsur sulfurnya atau belerang. Sedangkan gas karbonnya tidak ada,” ujar Edy yang dihubungi Kompas.com, Kamis (5/1/2023).

Menurut Edy, gas belerang yang muncul dari lokasi itu bisa menimbulkan iritasi di tenggorokan jika terhirup.

Agar tidak membahayakan warga, tim akan memasang cerobong asap yang lebih panjang di septic tank. Sehingga, gas yang keluar tak terhirup warga di sekitar lokasi.

Untuk melakukan penelitian lebih rinci, sampel yang telah diambil akan dikirim ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Edy pun berharap tim dari Dinas LH Provinsi Jatim segera turun untuk meneliti lebih rinci kandungan gas yang keluar dari septic tank milik Radita.

Edy menduga gas belerang yang muncul dari septic tank berasal dari retakan tanah. Pasalnya, wilayah itu berada di kaki bukit gunung purbakala bernama Liman yang meletus ratusan tahun lalu.


Tak hanya itu, beberapa waktu lalu salah satu perusahaan nasional juga melakukan pengeboran panas bumi di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo. Diduga, tangki sumber panas bumi hingga berada di wilayah Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Madiun Kukuh Yoso Kuncoro menyatakan, timnya memantau gas yang keluar dari septic tank itu.

Pemantauan dilakukan untuk memastikan warga tak mendekat ke lokasi.

“Kami monitor terus beberapa kali dalam satu hari untuk memastikan agar masyarakat tidak mendekat ke lokasi. Untuk baunya masih menyengat seperti kemarin,” kata Kukuh yang dihubungi terpisah.

Terakhir, asap dan gas dari septic tank masih keluar saat tim BPBD mendatangi lokasi tadi sore. Untuk itu, timnya hanya bisa memastikan warga tidak berada di lokasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, bau gas menyengat dari salah satu rumah membuat geger warga Dusun Joyowiranan, Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Bau diduga belerang yang berasal dari septic tank rumah milik Radita Hanggara Dewa itu baru muncul sebulan terakhir.

"Gas itu sudah keluar satu bulan lalu. Saya kira hanya asap biasa dan tidak berbahaya. Lama-lama saya curiga karena mengeluarkan bau," kata Radita di Madiun, Rabu (4/1/2023).

Radita mengaku sempat meminta bantuan temannya untuk memperbaiki septic tank yang dikira bocor. Saat hendak memperbaiki, rekan Radita malah membatalkan niatnya. Teman Radita khawatir septic tank itu menimbulkan ledakan jika dibongkar.

Radita menyebut, bau yang muncul dari septic tank itu seperti belerang. Asap juga terus keluar dari lubang septic tank.

"Asap gasnya ini terus menerus keluar tidak mau berhenti,” tutur Radita.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/05/212954978/teliti-sampel-asap-dari-septic-tank-rumah-warga-dinas-lh-madiun-dominan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke