Salin Artikel

KM Dharma Bahari Sumekar Dijadwalkan Angkut 173 Penumpang yang Telantar di Pelabuhan Kalianget

Itu merupakan pelayaran pertama sejak cuaca ekstrem melanda Perairan Sumenep sejak Jumat (23/12/2022).

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Kepolisian Resor (Polres) Sumenep AKP Widiarti mengatakan, KM Dharma Bahari Sumekar III dalam proses pemeriksaan dan perbaikan mesin.

Kapal itu dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Kalianget sekitar pukul 08.00 WIB. KM Dharma Bahari Sumekar III direncanakan tiba di wilayah kepulauan sekitar pukul 16.00 WIB.

"Kalau cuaca membaik seperti hari ini, rencana keberangkatan KM Dharma Bahari Sumekar III dijadwalkan besok dari Pelabuhan Kalianget. Itu nanti sekitar delapan jam perjalanan menuju ke kepulauan," kata Widiarti di Sumenep, Kamis (5/1/2023).

Berdasarkan data yang diperoleh Polres Sumenep, jumlah muatan barang yang berada di Pelabuhan Pelindo III Kalianget sebanyak 22 unit pikap dan sebuah truk.

"Seluruh calon penumpang yang rencana berangkat menggunakan KM Dharma Bahari Sumekar III sudah tiba di Pelabuhan Pelindo III Kalianget," tuturnya.

Di tengah membludaknya jumlah muatan barang dengan kapasitas dek kapal yang tidak sebanding, pihaknya meminta operator kapal memprioritaskan angkutan penumpang orang dan mengenyampingkan angkutan barang.

Hal itu untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan selama pelayaran.

"Apalagi sampai dengan hari ini jumlah calon penumpang terus mengalami peningkatan yang tiba di Pelabuhan Pelindo III Kalianget," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/05/190653978/km-dharma-bahari-sumekar-dijadwalkan-angkut-173-penumpang-yang-telantar-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke