Salin Artikel

Cegah Penumpang Telantar di Pelabuhan, Pemkab Sumenep Diminta Siapkan Anggaran Khusus

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep M Syukri mengatakan, pihaknya akan mendorong pemerintah kabupaten (pemkab) menyiapkan anggaran khusus peningkatan pelayanan bagi masyarakat kepulauan. Khususnya saat cuaca ekstrem yang hampir terjadi setiap tahun.

“Kondisi ini (175 penumpang tertahan di Pelabuhan) sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari Pemkab Sumenep. Karena volume tertahannya warga kepulauan di Pelabuhan Kalianget pada cuaca ekstrem kali ini cukup lama,” kata Syukri dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023).

Syukri menjelaskan, sebagai kabupaten yang memiliki wilayah kepulauan, Pemkab Sumenep sebaiknya menyediakan anggaran khusus mengantisipasi cuaca ekstrem.

“Kami akan melakukan komunikasi dengan eksekutif terkait program khusus tersebut. Karena kasihan juga warga kepulauan yang tertahan lama di Pelabuhan Kalianget,” tuturnya.

Syukri pun mengungkapkan, banyak kerugian yang dialami masyarakat kepulauan akibat cuaca ekstrem tersebut.

"Selain itu, warga yang tertahan di Pelabuhan Kalianget rugi waktu dan finansial (keuangan). Pemerintah Kabupaten Sumenep harus peka atas kesulitan yang dihadapi warga kepulauan saat cuaca ekstrem," pungkasnya.

Berdasarkan data, calon penumpang yang tertahan di Pelabuhan Kalianget akibat cuaca ekstrem sebanyak 175 orang, rinciannya tujuan Kecamatan (Pulau) Masalembu sebanyak 27 orang, Sapeken sebanyak 19 orang, Kangean sebanyak 127 orang, dan Kecamatan (Pulau) Raas sebanyak dua orang.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/05/153745778/cegah-penumpang-telantar-di-pelabuhan-pemkab-sumenep-diminta-siapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke