Salin Artikel

Buntut 2 Tahanan Kabur, 4 Polisi di Jember Diperiksa Propam

JEMBER, KOMPAS.com – Empat personel Kepolisian Sektor (Polsek) Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, diperiksa unit Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Resor (Polres) Jember karena dinilai lalai dalam mengawasi dan menjaga tahanan hingga kabur.

Ada dua tahanan kasus pencurian HP yang kabur dari sel tahanan Mapolsek Tanggul pada Selasa (27/12/2022). Satu orang sudah menyerahkan diri, namun satu lagi masih dalam pengejaran.

Kapolres Jember AKPB Hery Purnomo menyebut, Polsek Tanggul lalai dalam menjalankan tugasnya menjaga para tahanan tersebut. Untuk itu, ada empat personel polisi, termasuk Kapolsek, yang diperiksa oleh Propam Polres Jember.

“Masih diperiksa dan didalami, setelah itu akan dikonstruksikan, pelanggaran sejauh mana,” kata Hery Purnomo di Mapolres Jember, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, empat polisi tersebut sedang berada di Mapolsek ketika tahanan kabur. Bahkan, ruang penjagaan dengan sel tahanan hanya sekitar empat meter. Namun, tahanan tersebut berhasil kabur setelah membuka kunci dan naik ke atas plafon ruang besuk.

Seharusnya, tahanan dalam Polsek itu wajib diawasi setiap saat, dihitung jumlahnya, kemudian melakukan pendataan setiap ada pembesuk.

“Kami akan evaluasi SOP pengamanan tahanan yang ada di situ,” ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, satu dari dua tahanan Polsek Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang melarikan diri dari sel menyerahkan diri, Kamis (29/12/2022). Satu tahanan lainnya masih dalam pengejaran polisi.

“Kami sudah berupaya untuk melakukan pengejaran, kami juga mengimbau keluarga (agar menyerahkan tahanan),” kata Kapolres.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/30/124041478/buntut-2-tahanan-kabur-4-polisi-di-jember-diperiksa-propam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke