Salin Artikel

Kecelakaan Lalu Lintas di Blitar Meningkat 30 Persen, Didominasi Pelajar SMP dan SMA

Hingga akhir Desember 2022, tercatat 391 kecelakaan lalu lintas atau naik sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya yakni 301 kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP Mulya Sugiharto mengatakan, pengendara sepeda motor usia pelajar SMP dan SMA mendominasi pengguna jalan yang terlibat kecelakaan selama 2022.

“Sekitar 65 persen dari 391 kasus kecelakaan lalu lintas tahun ini dilakukan oleh pengendara usia pelajar," ujar Mulya saat dikonfirmasi, Selasa (27/12/2022).

Mulya merujuk pada pemotor usia pelajar SMP hingga SMA yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas baik berkendara menuju sekolah, pulang atau saat bermain.

Dari 391 kasus kecelakaan tersebut, kata Mulya, sebanyak 254 di antaranya melibatkan pemotor usia pelajar SMP-SMA.

Mulya tidak membandingkan berapa jumlah dan persentase kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemotor usia SMP-SMA pada periode sebelumnya. Namun, dia menegaskan angka dan persentase tersebut sangat besar.

Selain terlibat kecelakaan lalu lintas, kata dia, pelajar SMP dan SMA juga banyak kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas dalam berkendara di jalan umum.

Oleh karena itu, ujar Mulya, pihaknya pun berusaha menggencarkan sosialisasi keselamatan dalam berkendara serta edukasi Undang-Undang Lalu Lintas kepada para siswa.


Edukasi keselamatan berlalu lintas, ujarnya, bahkan diberikan kepada siswa mulai tingkat SD.

"Kami juga memberikan imbauan kepada para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya yang belum cukup umur agar tidak mengendarai sepeda motor," tambahnya.

71 orang tewas

Menurut Mulya, angka korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas juga meningkat dibandingkan jumlah korban tewas selama 2021.

Sepanjang 2022, kata dia, tercatat sebanyak 71 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Jumlah tersebut naik sekitar 15 persen dibandingkan jumlah korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas selama periode 2021 sebanyak 62 orang.

Mulya menambahkan, korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Blitar hampir seluruhnya adalah pengendara sepeda motor.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/27/183852678/kecelakaan-lalu-lintas-di-blitar-meningkat-30-persen-didominasi-pelajar-smp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke