Salin Artikel

Cuaca Ekstrem di Masalembu Sumenep, Puluhan Rumah Terdampak Banjir Rob

Akibatnya, puluhan rumah di kawasan pesisir diterjang banjir rob hingga aktivitas pelayaran di Masalembu ditunda.

"Cuaca ekstrem hampir merata terjadi di Kepulauan Masalembu, aktivitas masyarakat pun juga terhenti," kata Kapolsek Masalembu Iptu Mohammad Budi Santoso saat dihubungi, Sabtu (24/12/2022).

Budi menjelaskan, cuaca ekstrem yang terjadi di Kepulauan Masalembu mulai terjadi pada Jumat (23/12/2022). Cuaca ekstrem tersebut berupa hujan deras disertai angin kencang.

Puluhan rumah warga yang ada di pesisir Kepulauan Masalembu pun terdampak banjir rob hingga Sabtu (24/12/2022) dini hari.

Kendati tak memilih mengungsi, warga sudah bersiaga mengamankan barang berharga masing-masing.

"Banjir rob-nya terjadi sampai ke jalan-jalan raya hingga ke rumah warga, tapi dampaknya tidak terlalu serius," tuturnya.

Selain banjir rob, cuaca ekstrem di Kepulauan Masalembu juga berdampak pada aktivitas pelayaran, salah satunya Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 92 dengan rute Pelabuhan Kalianget tujuan Masalembo, Keramaian, dan Surabaya.

Pelayaran kapal tersebut terpaksa ditunda.

Penundaan itu, lanjut Budi, sesuai surat BMKG Nomor ME.01.02/1063/KPRM/XII/2022 dan Prakiraan Kondisi Gelombang Wilayah Perairan Jawa Timur.

"Gelombang masih diprediksi tinggi selama beberapa hari ke depan, makanya (aktivitas pelayaran) ditunda," tuturnya.

"Penundaan pelayaran dilakukan hingga kondisi cuaca dirasa aman dan membaik. Semua dilakukan demi menjaga keselamatan kapal dan penumpang," lanjut dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/24/122102678/cuaca-ekstrem-di-masalembu-sumenep-puluhan-rumah-terdampak-banjir-rob

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke