Salin Artikel

Rilis Kalender Wisata 2023, Bupati Sumenep Targetkan 1,1 Juta Kunjungan Wisata

Target tersebut dianggap tidak terlalu muluk, karena sama dengan realisasi kunjungan wisata pada periode 2017-2018 sebelum pandemi Covid-19.

"Tidak muluk-muluk target kunjungan wisatanya, cukup 1.100.000 kunjungan, sama dengan periode 2017-2018," kata Bupati Sumenep Ahmad Fauzi di Surabaya, Minggu (18/12/2022)

Pihaknya menyiapkan beragam potensi wisata untuk bisa dieksplorasi pengunjung sepanjang 2023, mulai dari wisata alam, heritage, wisata religi, olahraga, hingga wisata buatan.

Seperti MTB Bumi Jokotole, Sumenep Heritage Beach Marathon, Festival Musik Tong-tong, Sumenep Culture Festival, dan Oxygen Sunmori Funbike.

Selain itu, ada kegiatan reguler, di antaranya Pameran Lukisan Sumenep Masa Kejayaan, Sholawat dan Syukuran, Festival Kreasi Anak Yatim, Parade Drumband Pelajar, Pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing, Kerapan Kambing, Festival Layangan Led, Motor Cross, Sumenep Investment Summit, Festival Paralayang, dan Turnamen Kasti.

Selanjutnya ada Festival Tembakau Nusantara Sumekar Air Rifle Competition, Pesta Rakyat Per Kecamatan, Dragrace,  4x4 Offroad, Festival Burung Pelung, dan Balap Merpati.

Selain itu juga ada Festival Perkutut, Haul Raja-raja Sumenep, Prosesi dan Pawai Budaya, Terraks Trail Adventure, MTA Enduro Race serta Sholawat, dan Syukuran Hari Jadi ke-754 Sumenep.

"Para UMKM akan menyuguhkan produk kuliner khas Sumenep dan buah tangan bagi para pengunjung," jelasnya.

Kabupaten Sumenep menurutnya dikaruniai potensi sumber daya alam dan kekayaan budaya.

"Kami akan mengoptimalkan potensi wisata ini untuk membangun daerah dan membangun perekonomian warga Sumenep," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/19/090715478/rilis-kalender-wisata-2023-bupati-sumenep-targetkan-11-juta-kunjungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke