Salin Artikel

Hujan Es Disertai Angin Kencang Terjadi di Lamongan

Peristiwa ini bersamaan turunnya hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Gunadi mengatakan, peristiwa turunnya hujan es yang melanda Desa Latukan berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB.

Selain hujan, juga sempat dibarengi dengan angin kencang yang membuat beberapa pohon tumbang, Sabtu (17/12/2022).

"Benar. Tadi bersamaan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang pukul 16.00 WIB, terjadi fenomena hujan es dan tiga pohon tumbang di Desa Latukan," ujar Gunadi, Sabtu.

Kendati demikian, jelas Gunadi, tidak semua wilayah Desa Latukan dilanda fenomena hujan es tersebut.

Hanya sebagian daerah atau wilayah saja yang mengalami fenomena tersebut, dengan fenomena turunnya hujan es juga berlangsung tidak lama.

"Tidak semuanya. Terjadi di sekitar timurnya Balai Desa Latukan, hanya sekitaran lapangan desa dan itu pun sebentar," kata Gunadi.

Hampir bersamaan dengan fenomena hujan es yang terjadi, terdapat tiga pohon jati yang tumbang dan menutupi akses jalan desa.


Selain itu, terdapat pula satu rumah warga mengalami kerusakan ringan pada bagian atap yakni, rumah Rukin (65) di RT 06/RW 02 yang rusak genteng dan asbesnya.

Sementara es yang turun di sebagian wilayah Desa Latukan, memiliki ukuran sebesar kuku jari orang dewasa dan sempat menimbulkan bunyi pada saat mengenai atap rumah.

Adapun fenomena hujan es yang terjadi di Desa Latukan, berlangsung sekitar 10 menit.

"Hujan es tidak lama, paling sekitar 10 menitan, yang lama itu hujan (air) derasnya. Ukuran es juga kecil, paling ya seujung jari dan menimbulkan suara klutuk-klutuk pas kena atap rumah," tutur Laili (30), salah seorang warga Desa Latukan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/17/215558278/hujan-es-disertai-angin-kencang-terjadi-di-lamongan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke