Salin Artikel

Selama Masa Tanggap Darurat, Aktivitas Belajar Mengajar di Lereng Gunung Semeru Situasional

Meski begitu, anak-anak di lereng Gunung Semeru masih enggan bersekolah. Padahal, sekolah mereka tidak terdampak erupsi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang Agus Salim mengatakan, aktivitas belajar mengajar yang diterapkan situasional selama masa tanggap darurat.

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini, sekolah tidak boleh terlalu memberikan beban yang berat terhadap siswa.

"Pembelajaran kita masih tetap berjalan tapi itu sistemnya kondisional dan situasional. Ujiannya juga kondisional, artinya bisa berhenti, bisa diteruskan, bisa remidi jadi kondisional sekali," kata Agus Salim, Rabu (14/12/2022).

"Kita tidak boleh memberi beban berat kepada anak-anak kita yang penting anak-anak selamat semua, baru nanti pembelajarannya," imbuhnya.

Agus menambahkan, sampai saat ini belum ada situasi yang mengkhawatirkan terhadap keberlangsungan proses pembelajaran di lereng Gunung Semeru.

"Sampai hari ini belum ada yang mengkhawatirkan, karena ada sekolah aman tapi anaknya gak mau karena takut," tutur Agus.

Agus mengimbau agar orangtua untuk terus mengingatkan dan membimbing putranya agar kembali bersekolah.

Mengingat, situasi sudah landai dan aktivitas sudah mulai normal. Agus khawatir jika terlalu lama di pengungisan maupun di rumah, anak-anak akan semakin malas untuk berangkat ke sekolah.

"Terkadang memang orang tua juga kurang mengarahkan anaknya untuk sekolah, jadi kerjasama ini perlu dari semua elemen masyarakat, agar anak-anak kita ini kembali punya semangat belajar," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/15/102457778/selama-masa-tanggap-darurat-aktivitas-belajar-mengajar-di-lereng-gunung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke