Salin Artikel

Kasus Pencurian Sejumlah SD di Jombang, Komplotan Pencuri Ditangkap di Pasuruan

Penangkapan pencuri yang menyasar beberapa sekolah di Jombang tersebut diungkapkan Kapolres Jombang AKBP Moh Nur Hidayat.

Nur Hidayat menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Pasuruan dan mengirimkan penyidik terkait penangkapan komplotan pencuri yang menyasar sekolah-sekolah di Jombang.

"Setelah dikembangkan di Pasuruan, ternyata ada beberapa tersangka. Para tersangka pun sudah mengakui kalau mereka juga beraksi di Jombang," kata Nur Hidayat, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (12/12/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik, para pelaku yang ditangkap di Pasuruan tersebut telah melakukan pencurian lebih dari 10 SD di Kabupaten Jombang.

"Ketika diperiksa, pelaku mengakui beraksi di Jombang. Lebih dari 10 TKP, seperti di Kecamatan Gudo dan lain sebagainya,” ujar Nurhidayat.

Beberapa waktu lalu, sejumlah SD di Kabupaten Jombang disatroni pencuri dan harus kehilangan barang-barang berharga yang ditinggal di sekolah.

Di antara sekolah yang disatroni pencuri, yakni SDN Mentaos di Kecamatan Gudo dan SDN Kauman 2 di Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Kejadian serupa juga dialami tiga sekolah di Kecamatan Wonosalam.

Nur Hidayat mengatakan, para penyidik Polres Jombang yang dikirim ke Pasuruan, memiliki tugas untuk mengembangkan kasus serta mencari dan melacak keberadaan barang bukti.

“Kami minta untuk kejar barang buktinya di mana. Kalau belum dijual, segera kita sita, tetapi kalau (sudah) dijual, untuk penadahnya segera kita periksa," ujar dia.

Nur Hidayat menambahkan, dari hasil pemeriksaan, ada dua pelaku yang sudah mengaku mencuri di beberapa SD.

Selain di Kabupaten Jombang, kedua pelaku tersebut menyatroni sekolah-sekolah di Kabupaten Mojokerto dan Malang.

Kedua pelaku itu berinisial DW (42) yang berasal dari Pasuruan dan MR (37) warga Mojokerto.

Selain kedua pelaku tersebut, Polres Pasuruan juga meringkus beberapa pelaku lain yang terlibat dalam pencurian di sekolah-sekolah di beberapa daerah di Jawa Timur.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/12/210405678/kasus-pencurian-sejumlah-sd-di-jombang-komplotan-pencuri-ditangkap-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke