Salin Artikel

Jurnalis Peserta Pelatihan Literasi Keuangan BI Keracunan Massal di Banyuwangi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Puluhan jurnalis yang merupakan peserta pelatihan literasi keuangan Bank Indonesia mendadak mengalami mual dan diare.

Mereka yang berasal dari luar kota Banyuwangi diduga mengalami keracunan usai menyantap makanan di Alas Purwo dan di Hotel Ketapang Indah Kalipuro Banyuwangi pada Minggu (11/12/2022) malam.

Para korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan dan Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi.

"Iya benar, kejadiannya tadi malam," kata Kapolsek Kalipuro, AKP Hadi Waluyo saat dikonfirmasi, Senin (13/12/2022) pagi.

Sebelum merasakan mual dan sakit perut, para awak media itu sempat menyantap seafood saat berwisata di Alas Purwo, kemudian dilanjutkan dengan makan malam di hotel.

"Kalau yang saya rasakan sendiri, sepulang dari Alas Purwo perut enggak enak. Di Alas Purwo makan siang, menunya full seafood," kata Rusdi salah satu peserta acara, Senin (12/12/2022).

Jurnalis asal Kabupaten Jember itu tak menyangka bakal keracunan makanan. Sebelumnya dia mengira gejala yang dirasakan akibat memakan sambal yang terlalu pedas.

"Saya pikir itu karena efek sambal (makanan di Alas Purwo). Saya kan kalau makan pedas gitu. Tapi ini kok sering," ungkap Rusdi.

Bahkan, meski perutnya bermasalah, dirinya tetap ikut menyantap menu bakso yang disediakan di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi.

"Kalau di hotel menunya banyak. Saya sendiri hanya makan bakso," terangnya.

Rusdi baru tersadar mengalami keracunan makanan saat banyak peserta lain juga mengalami sakit perut dengan gejala mual hingga diare.

"Saya dapat kabar yang lain juga mengalami gejala setelah dinner," ungkap Rusdi.

"Jadi saya kurang tahu apa (keracunan) ini karena makanan di Alas Purwo atau pas makan malam di Ketapang Indah," imbuhnya.

Sekitar pukul 23.30 WIB, dia mengeluh mual. Saat itu dia langsung dibawa ke rumah sakit.

"Saya langsung dilarikan ke rumah sakit sekitar pukul 01.30 WIB baru bisa dibolehkan pulang sekitar pukul 04.30 WIB," ujar Bayu.

Sebelum menyantap makanan di hotel, Bayu mengaku juga sempat makan di Alas Purwo.

"Di Alas purwo saya makan kepiting, kerang ijo, cumi sama ikan bakar sedangkan di ketapang saya cuman makan buah, bakso, ayam betutu, cumi sama udang," ujarnya.

Bayu mengatakan, saat ini kondisi dirinya sudah mulai membaik setelah mendapat perawatan dari RSUD Blambangan.

"Kalau sekarang kondisi sudah seperti normal, kalau semalam sempat lemas dan mual juga," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/12/144723978/jurnalis-peserta-pelatihan-literasi-keuangan-bi-keracunan-massal-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke