Salin Artikel

Menhan Prabowo Kunjungi Pengungsi Semeru, Ini Permintaan Para Penyintas

Selain menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Semeru, Prabowo juga membagikan 10 unit motor trail untuk menunjang kinerja TNI membantu warga terdampak.

Kecamatan Pronojiwo memiliki medan yang cukup berat. Banyak masyarakat tinggal di lereng Semeru yang sulit dijangkau.

Dalam kesempatan itu, Prabowo sempat  berdialog dengan penyintas. Salah satunya Agus, warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Agus meminta kepada Prabowo untuk menyediakan lahan pekerjaan di tempat hunian baru.

Hunian tersebut dibangun pemerintah untuk korban erupsi yang tinggal di zona merah.

"Saya dan warga yang lain di sini hanya ingin minta disediakan pekerjaan di hunian baru nanti, karena di tempat yang sekarang kita tinggali sekarang sudah sulit untuk kami berladang karena ketutup pasir," kata Agus kepada Prabowo, Kamis (8/12/2022).


Sementara, penyintas lainnya, Amin meminta agar bendungan di Desa Oro-oro Ombo dinormalisasi.

Sebab, kondisi bendungan itu sama tingginya dengan tumpukan material yang dimuntahkan Gunung Semeru.

"Kami tinggal di zona hijau, tapi cek dam (bendungan) di desa kami yang dulunya tinggi sekarang sudah sama (tingginya) dengan pasir, khawatirnya kalau ada erupsi lagi meluber ke pemukiman," jelas Amin.

Menanggapi aduan pengungsi, Prabowo berjanji akan segera berkoordinasi dengan kementerian terkait agar kebutuhan masyarakat bisa segera direalisasikan.

"Saya ke sini mewakili Bapak Presiden. Apa yang disampaikan Bapak Ibu sekalian jika bisa akan saya bantu, kalau tidak bisa akan saya laporkan kepada Bapak Presiden, juga nanti akan kami koordinasikan dengan kementerian terkait," jelas Prabowo.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/08/174606378/menhan-prabowo-kunjungi-pengungsi-semeru-ini-permintaan-para-penyintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke