Salin Artikel

Material Vulkanik Semeru yang Timbun Dusun Kajar Kuning Mulai Dibersihkan, Jalur Curah Kobokan Segera Dibuka

Ketebalan material vulkanik yang menimbun pemukiman warga mulai dari dua sampai tiga meter. Bahkan, salah satu rumah warga hanya terlihat atapnya saja.

Terkuburnya Dusun Kajar Kuning menyebabkan terputusnya akses menuju Dusun Curah Kobokan di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Di lokasi pembersihan, tampak ekskavator melakukan pengerukan. Sedangkan material vulkanik tampak mengepul.

Sebab, material vulkanik yang menimbun pemukiman warga itu masih sangat panas.

"Kan sudah melewati proses turun dan diguyur hujan, tapi di dalam itu masih panas sekitar 200 derajat ke atas, yang tahun kemarin saja sampai satu bulan itu di dalam masih panas," kata Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi, Kamis (8/12/2022).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, proses pembersihan dilakukan dari dua sisi sekaligus, yakni dari sisi Dusun Kajar Kuning dan Dusun Curah Kobokan.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar jalur alternatif dari Lumajang menuju Kecamatan Pronojiwo dan Kabupaten Malang maupun sebaliknya bisa segera dibuka untuk masyarakat umum.

"Jadi sekarang lagi kita bersihkan tumpukan materialnya, memang masih panas tapi ini kita upayakan cepat selesai agar bisa dilalui masyarakat," jelas Thoriq.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/08/160929778/material-vulkanik-semeru-yang-timbun-dusun-kajar-kuning-mulai-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke