Salin Artikel

Diterpa Awan Panas Guguran Semeru, Kondisi Jembatan Gantung Gladak Perak Stabil

Sebelumnya, dikabarkan jembatan gantung yang baru selesai dibangun setengah tahun lalu itu rusak akibat terjangan APG.

Kabar itu beredar lantaran adanya sebuah foto tangkapan CCTV yang menampakkan kepulan tebal APG sedang melewati jembatan gantung.

"Jadi memang APG yang terjadi kemarin mencapai jarak luncur 13 kilometer yang berarti sudah sampai di Gladak Perak, tapi berdasarkan asesmen ternyata Jembatan Gantung Gladak Perak masih stabil," kata Patria di Lumajang, Selasa (6/12/2022).

Meski kondisi jembatan itu stabil dan bisa dilewati, akses menuju Kecamatan Pronojiwo dan Kabupaten Malang itu masih ditutup.

Selain itu, jalan menuju jembatan gantung juga mengalami longsor sekitar satu bulan lalu. Longsor terjadi di Kilometer 59 sepanjang 50 meter dan menjatuhkan aspal jalan hingga 20 meter.

Jembatan permanen di sebelah jembatan gantung yang sedang dibangun juga masih proses pengecoran pondasi. Sehingga jembatan gantung sebelum erupsi memang sudah ditutup.

"Karena kondisi semeru awas (level IV) seperti ini, sementara masih ditutup kecuali dalam keadaan mendesak itu pun atas seizin satgas penanganan darurat bencana," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/06/153236878/diterpa-awan-panas-guguran-semeru-kondisi-jembatan-gantung-gladak-perak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke