Salin Artikel

Letusan Gunung Semeru, BPBD Kota Kediri Kirim Personel dan Bantuan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh mengatakan, para personel tersebut direncanakan bertugas di lokasi bencana hingga 14 hari ke depan.

"Saat ini anak-anak berada di wilayah Candipuro. Membantu tim utama dari Pemkab Lumajang," ujar Munawarah, Selasa (6/12/2022).

Di lokasi itu, timnya akan bertugas membersihkan bangunan-bangunan mulai rumah warga, tempat ibadah, hingga sekolah.

Selain itu juga penyisiran lokasi untuk tugas evakuasi. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya warga yang belum mengungsi.

"Anak-anak juga saya instruksikan untuk ke kantong pengungsian. Untuk mendata kebutuhan apa yang belum tercover," lanjutnya.

Adapun berbagai jenis bantuan yang dibawa di antaranya adalah terpal, paket sandang, paket rekreasional, paket perlengkapan makan, hingga paket aneka kebutuhan bayi.

Keberangkatan timnya kali ini, kata Munawaroh, merupakan keberangkatan yang ketiga kalinya di lokasi sejak peristiwa letusan Semeru 2020 silam.

"Ini bagian dari sikap responsif Pemkot Kediri." pungkasnya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level IV atau Awas terhitung pukul 12.00 WIB, Minggu (4/12/2022).

Sejak Minggu Gunung Semeru mengalami erupsi. 

PVMBG merekomendasikan agar tidak ada aktivitas dalam radius 17 kilometer di Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 19 kilometer.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/06/121529878/letusan-gunung-semeru-bpbd-kota-kediri-kirim-personel-dan-bantuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke