Salin Artikel

Asyifa, Balita Tanpa Anus di Sumenep, Terima Bantuan dari Pembaca Kompas.com

SUMENEP, KOMPAS.com - Asyifa, balita perempuan berusia 2 tahun 7 bulan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengalami kelainan berupa atresia ani. Dia tidak memiliki anus sehingga membuat hidupnya kesakitan.

Balita asal Desa Kangayan, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, itu harus menjalani tiga kali operasi agar hidup normal seperti orang pada umumnya.

Untuk membantu meringankan beban biaya yang ditanggung keluarga, Asyifa mendapatkan bantuan dari pembaca Kompas.com yang mendonasikan uangnya melalui situs Kitabisa.com. Total bantuannya sebesar Rp 4.894.665.

"Terima kasih para pembaca Kompas.com, donasi ini tentu sangat membantu kami," kata Susi Susanti, Ibunda Asyifa, saat ditemui Kompas.com di Sumenep, Senin (5/12/2022).

Susi menjelaskan, Asyifa harus menjalani tiga kali operasi agar tak hidup dalam kesakitan. Operasi pertama sudah dilakukan pada September 2022. Operasi selanjutnya akan dilakukan pada Desember 2022.

Usai menjalani operasi pertama, Susi mengaku, kondisi Asyifa jauh lebih baik dibandingkan dari sebelum menjalani operasi. Ia pun sempat membawa pulang Asyifa ke kampung halamannya di Kepulauan Kangean. Kini, ia tengah bersiap menuju RSUD Dr. Soetomo Surabaya untuk menjalani operasi kedua dan ketiga.

"Dalam waktu dekat ini akan berangkat ke Surabaya untuk menjalani operasi lagi. Makanya, bantuan (dari pembaca kompas.com) ini sangat membantu meringankan beban biaya yang harus kami keluarkan," tuturnya.

Buah hati dari pasangan Irwan dan Susi Susanti itu pernah dibawa ke RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Berdasarkan hasil pemeriksaan, ia harus menjalani tindakan medis lanjutan, yaitu ke Surabaya.

Namun, untuk memenuhi tindakan medis ke Surabaya, keluarga tidak ada biaya. Sang ayah lantas berangkat ke Malaysia untuk mencari biaya operasi untuk Asyifa.

Kini, Asyifa mendapatkan secercah asa. Donasi dari banyak pihak termasuk dari pembaca Kompas.com terus mengalir terhadapnya. Rangkaian tindakan medis pun akan dilakukan terhadapnya. Semoga cepat sembuh, Asyifa....

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/05/130102578/asyifa-balita-tanpa-anus-di-sumenep-terima-bantuan-dari-pembaca-kompascom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke