Salin Artikel

Kondisi Terkini Gunung Semeru, Wabup Lumajang: Awan Panas Guguran Sudah Berhenti

KOMPAS.com - Gunung Semeru di Jawa Timur meluncurkan awan panas guguran (APG) pada Minggu (4/12/2022).

Kejadian ini membuat warga Kabupaten Lumajang di daerah zona merah luncuran APG Gunung Semeru, antara lain Desa Supiturang, Kecamatam Pronojiwo; dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, dievakuasi.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, pada Minggu pukul 16.55 WIB, cuaca di Kecamatan Candipuro cerah.

"Abu vulkanik sudah mereda, tidak ada," ujarnya dalam program Kompas Petang, Kompas TV.

Indah juga menuturkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pos Pantau Gunung Semeru.

"Kemudian kami ter-confirm dengan Pos Pantau Semeru yang menyatakan bahwa awan panas guguran sudah berhenti. Berhenti kira-kira satu jam lalu," ucapnya saat diwawancara pukul 16.55 WIB.

Dia menjelaskan, meski awan panas guguran Gunung Semeru dilaporkan sudah berhenti, tetapi pihaknya mengimbau warga tetap berada di pengungsian sampai kondisi benar-benar dipastikan aman.

"Sampai saat ini kami tidak sarankan (warga) kembali ke rumahnya, apalagi dalam zona tidak aman. Kami masih mengimbau untuk berada dalam pengungsian," ungkapnya.


Dikutip dari Antara, Pemerintah Kabupaten Lumajang sudah menyiapkan logistik bagi masyarakat yang mengungsi akibat adanya awan panas guguran Gunung Semeru.

"Logistik sudah siap. Kami siapkan nasi bungkus untuk mereka, warga yang mengungsi di sejumlah lokasi," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mencatat bahwa masyarakat di Desa Supiturang dan Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, mengungsi ke SD Supiturang 04, SMPN 2 Pronojiwo, Balai Desa Oro-oro Ombo, serta Masjid Supiturang.

Sedangkan, warga di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, mengungsi ke Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur.

Sebagai informasi, pada Minggu pukul 12.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level 3 atau Siaga menjadi Level IV atau Awas.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/04/175032178/kondisi-terkini-gunung-semeru-wabup-lumajang-awan-panas-guguran-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke