Salin Artikel

Seorang Pedagang di Pasar Kesamben Blitar Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Blitar AKP Tika Pusvita Sari mengatakan, masalah ekonomi diduga menjadi pemicu S nekat mengakhiri hidupnya.

Namun, Tika tak bisa memastikan apakah masalah ekonomi itu muncul akibat kios milik korban di Pasar Kesamben terbakar lima hari lalu.

“Kami tidak dapat memastikan apakah kenekatan korban bunuh diri disebabkan oleh lapaknya yang terbakar pada kebakaran Pasar Kesamben beberapa hari lalu. Tapi menurut keluarga, korban memang sering terlihat melamun sejak musibah kebakaran itu,” ujar Tika saat dikonfirmasi Kompas.com.

Menurut Tika, kebakaran di Pasar Kesamben diduga memberikan tekanan bagi S. Apalagi, S tak hanya kehilangan lapak miliknya. Keenam lapak milik anaknya di Pasar Kesamben juga hangus. 

Tika menyebut, keluarga besar S sebagian besar berprofesi sebagai pedagang dan memiliki lapak di Pasar Kesamben. Seluruh saudaranya yang berjumlah 10 orang merupakan pedagang di Pasar Kesamben.

Sehingga, kata Tika, peristiwa kebakaran itu memberikan dampak psikis yang cukup berat terhadap korban.

“Paling tidak kebakaran itu membuat korban kesulitan karena tidak dapat berdagang. Apalagi jika sebelumnya sudah ada masalah ekonomi,” jelas Tika.

Menurutnya, polisi tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban dan memastikan korban meninggal karena bunuh diri.

sebelumnya, Pasar Kesamben yang terletak sekitar 25 kilometer ke arah timur dari Kota Blitar terbakar pada Minggu malam. Api baru bisa dipadamkan setelah delapan jam kemudian, tepatnya pada Senin pagi.

Ratusan lapak dan kios di pasar itu pun hangus. Kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu kios.

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri.

Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada. Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini:
https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/hotline-dan-konseling/

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/02/142913278/seorang-pedagang-di-pasar-kesamben-blitar-ditemukan-tewas-gantung-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke