Salin Artikel

Tim Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Kesamben Blitar

BLITAR, KOMPAS.com – Satu tim dari Bidang Laboratorium Forensik (Bidlabfor) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur dikirim ke lokasi kebakaran Pasar Induk Kesamben, Kabupaten Blitar.

Tim akan melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran yang berlangsung pada Minggu (27/11/2022) malam hingga Senin (28/11/2022) pagi.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar AKP Tika Pusvitas Sari mengatakan, saat ini satu tim dari Bidlabfor Polda Jatim tengah menuju ke lokasi kebakaran guna melakukan penyelidikan.

“Tim dari Bidlabfor Polda Jatim sedang dalam perjalanan menuju lokasi,” ujar Tika saat dikonfirmasi wartawan, Senin.

Menurut Tika, tim laboratorium forensik diterjunkan lantaran penyebab kebakaran hingga kini belum dapat dipastikan.

Tika tidak bersedia memberikan keterangan lebih lanjut terkait kedatangan tim laboratorium forensik tersebut.

Dugaan korsleting listrik

 Sementara itu, sejumlah sumber menyebutkan bahwa kebakaran itu dipicu oleh korsleting listrik yang terjadi di sekitar kios penjual mainan anak yang ada di tengah area pasar.

Dugaan itu, antara lain disampaikan oleh Budi Susila Jaya, anggota DPRD Kabupaten Blitar yang tinggal tidak jauh dari Pasar Kesamben.

“Kemungkingan besar karena korsleting listrik. Di dalam pasar itu banyak kabel yang semrawut tidak tertata dengan baik," ujarnya.

Mobil-mobil unit pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 20.15 WIB dan api benar-benar dapat dipadamkan sekitar pukul 4.30 WIB, Senin pagi tadi.

Total ada 11 unit mobil damkar dan satu kendaraan water cannon milik kepolisian setempat yang dikerahkan. Selain itu, terdapat setidaknya 6 unit mobil tangki yang bertugas memasok kebutuhan air.

Namun, api baru dapat dipadamkan setelah 8 jam dan seluruh lapak yang ada di area pasar tersebut ludes.

Kepala Unit Damkar Pemerintah Kabupaten Blitar Teddy Prasojo mengatakan, tim gabungan pemadam kebakaran kesulitan mendapatkan pasokan air lantaran tidak ada hidran yang tersedia di sekitar lokasi dan wilayah Kecamatan Kesamben. Hal ini menyebabkan 11 unit mobil damkar tidak dapat bekerja optimal.

"Tapi kami berhasil mencegah api menjalar ke area di sekitar pasar, termasuk rumah warga," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/28/110546078/tim-labfor-polda-jatim-selidiki-penyebab-kebakaran-pasar-kesamben-blitar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke