Salin Artikel

Bupati Malang: Kondisi Siswa Korban Perundungan Membaik, tapi Masih Trauma

MALANG, KOMPAS.com - Bupati Malang, HM Sanusi menjenguk MWF (8), siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Jenggolo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, di Rumah Sakit Islam (RSI) Gondanglegi, Jumat (25/11/2022). MWF diduga menjadi korban perundungan oleh kakak kelasnya.

Menurut Sanusi, kondisi korban saat ini sudah mulai membaik dan sudah sadar, namun masih trauma.

"Sudah membaik. Diajak bicara tadi sadar. Tapi yang pasti masih trauma," ungkapnya saat ditemui, Jumat.

Minta sekolah dievaluasi

Atas peristiwa itu, Sanusi akan meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk mengevaluasi dan memberikan pembinaan kepada pengawas sekolah dan guru-guru di sekolah tersebut.

"Agar lebih memperhatikan lagi anak didiknya. Seperti misalnya ada siswa yang suka berkomplot (geng) agar segera diselesaikan," tegasnya.

Sebab, menurut Sanusi, di Kabupaten Malang kerap terjadi peristiwa serupa. Hanya saja, kebanyakan siswa tidak mengaku kepada orangtua maupun gurunya.

"Anak saya, ketika bertengkar atau dipukul temannya tidak mengaku. Seringnya bilang jatuh," ujarnya.

Tidak hanya itu, Sanusi juga meminta Dinas Pendidikan untuk mengumpulkan kepala sekolah yang berada di bawah Pemerintah Kabupaten Malang untuk sosialiasi pembimbingan kepada anak didiknya.

"Apabila suatu saat terjadi lagi, agar diproses oleh Inspektorat Kabupaten Malang," tuturnya.

Sementara terkait biaya perawatan korban di rumah sakit, Sanusi berjanji akan membantu.

"Nanti kami akan membantu, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang," pungkasnya.

Akibat perundungan itu, korban mengalami kejang-kejang dan koma hingga dilarikan ke rumah sakit. Sampai saat ini, korban masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam (RSI) Gondanglegi. Ia divonis mengalami trauma oleh dokter.

Dugaan sementara, perundungan itu terjadi atas motif pemalakan yang dilakukan para pelaku kepada korban. Bahkan, para pelaku disebut-sebut kerap melakukan serupa kepada siswa yang lain.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/25/191522878/bupati-malang-kondisi-siswa-korban-perundungan-membaik-tapi-masih-trauma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke