Salin Artikel

Rantai Pintu KM Samporna Putus di Sumenep, Korban: Seketika Penumpang Terjun ke Laut

SUMENEP, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Samporna Maju mengalami insiden kecelakaan di perairan Talango, Sumenep, Jawa Timur, Jumat (25/11/2022). Rantai pintu kapal tersebut putus dan menyebabkan sejumlah penumpang dan kendaraan terjun ke laut.

Seorang penumpang selamat bernama Anam (25) mengaku, peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba.

"Tanda-tanda (rantai mau putus) tidak ada, seketika langsung putus dan penumpang yang ada di pintu depan terjun ke laut," kata Anam kepada Kompas.com, Jumat.

Anam mengaku, awalnya kapal berangkat dari Pelabuhan Talango dengan keadaan normal. Pintu kapal juga ditutup dengan baik, dengan rantai yang masih layak.

Tak lama setalah itu, rantai pintu kapal tiba-tiba putus. Seluruh penumpang yang jatuh ke laut dan yang tidak langsung histeris.

"Seluruh penumpang histeris dan berteriak minta tolong, beruntung tidak terlalu dalam, karena itu belum jauh dari dermaga. Kebetulan juga ada petugas dan kapal nelayan yang langsung memberikan pertolongan," tuturnya.

Berdasarkan data dari Polres Sumenep, penumpang yang terjun ke laut tercatat sebanyak 11 orang. Yakni, Rahmat (52), Junaidi (60), Wiwin Verawati (40), Vita (6), Ghofur (45), Neni (40), Hasyim (41), Mistiyah (41), Andriani (43), Anam (25), Abdurrahman (38).

Kapolres Sumenep Edo Satya Kentriko mengatakan, peristiwa nahas itu kini sudah ditangani oleh Polairud Polres Sumenep.

"Untuk saat ini kasus dalam penanganan Sat Polairud Polres Sumenep dan Dit Polairud Polda Jatim," tuturnya.

Edo kembali memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian materil berkisar Rp 120.000.000.

"Kerugian itu total dari semua kendaraan yang terjun ke laut ya. Sampai sekarang sedang dalam proses evakuasi," singkatnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/25/173631078/rantai-pintu-km-samporna-putus-di-sumenep-korban-seketika-penumpang-terjun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke