Salin Artikel

"Sonic Boom" Kagetkan Warga di Ngawi: Suaranya Seperti Ledakan Meriam

KOMPAS.com - Sejumlah warga di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sempat panik dan kaget ketika mendengar mendengar suara dentuman di langit, Rabu (23/11/2022).

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.45 Wib. Menurut Wahyudi, salah satu warga Kedunggalar, Ngawi, sebelumnya memang ada sejumlah pesawat terlihat melintas di langit Ngawi.

“Suaranya kayak ledakan meriam. Sebelumnya memang ada pesawat yang lewat baru terdengar suara dentuman itu,” ujar Wahyudi melalui pesan singkat, Rabu (24/11/2022) malam.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa itu sempat menjadi viral di media sosial. Warganet pun bertanya-tanya soal asal muasal suara dentuman tersebut.

Efek sonic boom

Menurut Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi Kapten Sus Yudha Pramono, dentuman di langit Ngawi merupakan efek sonic boom atau perpecahan udara akibat kecepatan pesawat tempur Lanud Iswahjudi.

Pada hari itu sejumlah pesawat sedang menggelar latihan rutin.

“Itu efek sonic boom dalam rangka latihan rutin pesawat tempur Lanud Iswahjudi. Sonic boom ini perpecahan udara akibat kecepatan melebihi kecepatan suara,” ujarnya melalui pesan singkat.

“Latihan rutin untuk meningkatkan profesiensi penerbang. Jadi saat manuver terbang, melebihi kecepatan suara sehingga menghasilkan dentuman,” imbuhnya.

Pihaknya pun meminta tak perlu panik dengan kejadian itu. Pasalnya, dentuman tersebut di ketinggian lebih dari 20.000 feet (kaki) dan tidak membahayakan.

(Penulis : Kontributor Magetan, Sukoco | Editor : Dheri Agriesta)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/24/081056878/sonic-boom-kagetkan-warga-di-ngawi-suaranya-seperti-ledakan-meriam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke