Salin Artikel

Soal Rombongan Rubicon Diadang Warga di Pintu Masuk Bromo, Ini Penjelasan Pemprov Jatim

Dalam video tersebut, perwakilan rombongan mobil mewah itu memaksa masuk dari jalur Pasuruan. Mereka mengaku sebagai undangan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam acara Fashion Show Bromo pada 20 November 2022.

Sementara warga tidak membuka palang pintu karena merasa tak ada acara pada hari tersebut.

Warga sempat menghubungi panitia penyelenggara acara untuk memastikan kapan kegiatan itu digelar. Ternyata, acara fashion show itu digelar pada 3 Desember 2022, bukan 20 November.

Peristiwa itu dibagikan oleh salah satu akun TikTok @widiandharmasingg. 

"Info Di lapangan Rombongan Robicon Memaka masuk Pintu Bromo via Pasuruan Dengan alasan undangan Gubernur," tulis akun tersebut pada kolom keterangan.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jatim Ali Kuncoro mengatakan, telah mendapatkan laporan tentang video viral tersebut.

"Kejadiannya Sabtu (19/11/2022) pagi di wilayah Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan," jelas Ali saat dikonfirmasi, Selasa (22/11/2022).

"Memang rencana ada fashion show di Bromo tetapi dilaksanakannya tanggal 3 Desember 2022," ucapnya.

Gubernur Khofifah, kata dia, tidak pernah membenarkan perilaku yang tidak mematuhi peraturan.

"Kalaupun memang diundang, arahan dari Ibu Gubernur untuk tetap taat peraturan. Kalau tidak boleh pakai mobil di lautan pasir, ya harus pakai jip," jelasnya.

Ali menambahkan, Khofifah mengajak seluruh pihak menghormati peraturan dan kearifan lokal yang berlaku di kawasan Gunung Bromo.

"Ibu Gubernur mengapresiasi warga lokal yang dengan tegas menegakkan peraturan," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/23/080115078/soal-rombongan-rubicon-diadang-warga-di-pintu-masuk-bromo-ini-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke