Salin Artikel

Seorang Buruh Asal Blitar Ditemukan Tewas Gantung Diri di Pohon Kopi

Kapolsek Selorejo AKP Eko Soedjoko mengatakan, YH sudah dua kali mencoba mengakhiri hidup dalam tiga hari terakhir. Namun, upaya itu digagalkan oleh istrinya.

“Nah, pada hari Senin malam itu, mungkin ketika istrinya tidur pulas, korban menyelinap dan menggantung diri di pohon kopi di pekarangan tetangga,” ujar Eko saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Menurut Eko, tetangga korban, Suliadi (46), mendapati YH meninggal dengan posisi tergantung pada pohon kopi setinggi empat meter menggunakan sarung sekitar pukul 23.30 WIB. 

Eko menyebut, korban nekat mengakhiri hidup karena tekanan ekonomi. Korban yang berprofesi sebagai buruh tani tak memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Selama periode musim giling pabrik gula yang berlangsung sejak sekitar enam bulan lalu, YH banyak mendapatkan pekerjaan sebagai buruh tebang dan angkut tebu.

Namun sejak sebulan terakhir, kata Eko, pekerjaan menebang tebu mulai jarang seiring mulai habisnya masa panen tebu dan berakhirnya musim giling di sejumlah pabrik gula sejak sebulan terakhir.

“Korban mulai sering menganggur dalam beberapa minggu terakhir. Sementara, mungkin, kebutuhan rumah tangga masih terus ada,” tutur Eko.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan istrinya, lanjut Eko, YH telah dua kali mencoba mengakhir hidupnya.

Pertama pada Sabtu (19/11/2022), tetapi dapat digagalkan oleh istri. Keesokan harinya Minggu (20/11/2022) siang YH kembali berniat bunuh diri dengan meminum obat jenis analgesik dengan minuman berkarbonasi dan kembali digagalkan sang istri.

Himpitan ekonomi, kata Eko, pernah membuat YH mengalami depresi dan dikirim ke rumah sakit jiwa di wilayah Malang pada September 2022.

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri.

Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada. Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini:
https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/hotline-dan-konseling/

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/22/132309678/seorang-buruh-asal-blitar-ditemukan-tewas-gantung-diri-di-pohon-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke