Salin Artikel

Tingkat Pengangguran Terbuka Sumenep Terendah di Jatim, Bupati: Sesuai Harapan

“Angka penurunan pengangguran tersebut menunjukkan bahwa kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah sesuai harapan kita bersama,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Fauzi menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran terbuka Kabupaten Sumenep periode Agustus 2022 menurun sebesar 1,36 persen.

Jumlah itu, mengalami penurunan jika dibandingkan dua tahun sebelumnya yang masih di atas 2 persen, yakni 2021 sebesar 2,31 persen dan 2020 mencapai 2,84 persen.

Pihaknya, lanjut Fauzi, terus melakukan berbagai upaya menekankan tingkat pengangguran terbuka yang masih terjadi di Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, pengangguran itu, berdampak terhadap angka kemiskinan dan indeks pembangunan manusia.

“Kami berkomitmen untuk mengantisipasi angka pengangguran terbuka terus naik dengan berbagai program, salah satunya melalui Job Fair sebagai media mempertemukan secara langsung pencari kerja dan pengguna tenaga kerja atau perusahaan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, perangkat daerah akan terus didorong untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, dalam memberikan layanan optimal mendukung pelaksanaan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat.

“Pemerintah daerah terus memfasilitasi ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja terus dilakukan, untuk menekan tingkat pengangguran terbuka di tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/17/233021378/tingkat-pengangguran-terbuka-sumenep-terendah-di-jatim-bupati-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke